Harhubnas, Jadi Momentum Ubah Pola Kerja Organisasi

PariwisataIndonesia.ID – Tahun ini, Hari Perhubungan Nasional atau Harbubnas jatuh di hari Jumat, 17 September 2021. Hari Perhubungan Nasional bukan sekadar perayaan untuk mengenang hari jadi suatu organisasi di bidang perhubungan nasional.

Peringatan ini justru menjadi momentum penting untuk mengingat kembali peristiwa bersejarah di bidang perhubungan dan menyatukan tekad untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat.

Hal tersebut terungkap seperti dilansir Kemenhub, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memutuskan tema peringatan kali ini, seperti mengajak semua insan perhubungan untuk berkolaborasi membawa perubahan lebih baik bagi sektor transportasi dan memberikan pelayanan prima bagi masyarakat Indonesia.

“Momen Harhubnas bukan sekedar selebrasi, tetapi jadikan suatu momentum yang berarti bagi diri kita, organisasi, bangsa dan negara, dan masyarakat,” kata Menhub Budi, saat memimpin Upacara Hari Perhubungan Nasional 2021 di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan Jakarta, Jumat (17/9/2021).

Di tengah perubahan pola dan gaya hidup masyarakat, kementerian perhubungan mengingatkan kepada jajaran untuk selelalu siap dalam mengikuti perubahan yang dinamis pada masyarakat. Mewujudkan hal itu, Menhub Budi berkata siap jika memang perlu melakukan perombakan pola kerja hingga pola organisasinya.

“Oleh karenanya kita harus merubah pola kerja, mungkin berubah pola organisasi, kita harus mereformasi digitalisasi yang terjadi atau yang kita lakukan kita harus menyiapkan kapan etos kerja etos kerja baru yang ada di lingkungan kita,” tambahnya.

Menhub Budi menjelaskan, saat ini sedang disiapkan oleh kementeriannya untuk membuat suatu roadmap terkait arahan presiden mempersiapkan hidup berdampingan bersama Covid -19, yang juga sedang dilakukan oleh kementerian lainnya.

Ia menilai, aplikasi PeduliLindungi saja tidak cukup, untuk itu, sambungnya, perlu juga beradaptasi hidup di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut yang Menhub minta kepada jajarannya agar senantiasa mengembangkan diri dalam melayani perlu untuk cermat dan apik.

“Bapak presiden sudah menyatakan bahwa buat bagaimana proses endemi kita lakukan, masing-masing sektor harus berkreasi, katakan PeduliLindungi sudah bagus, kita cangkok menjadi suatu kekuatan tertentu yang bisa memperkuat sektor transportasi, tapi tidak cukup dengan itu kita harus memiliki link-link internasional agar kita tahu fakta yang terjadi seperti apa untuk mengetahui penanganan pandemi di sana,” pesan Menhub Budi.

Harhubnas tahun ini mengusung tema bergerak harmonikan Indonesia. “Artikan bergerak itu dengan transformasi, artikan bergerak yaitu dengan melakukan chance dalam suatu kebijakan, lakukan bergerak itu dengan melawan disruption yang ada di mana-mana,” imbuhnya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada insan transportasi agar memiliki jejaring (networking) tidak hanya di wilayah domestik tetapi juga di mancanegara. Hal tersebut, karena untuk mengantisipasi perkembangan terkini industri transportasi yang sedang menjadi tren di dunia, seperti pemakaian energi listrik dan aplikasi digital.

Namun, (mengingat jajaran di bawahnya) yang terpenting saat ini adalah mari bekerja dengan hati untuk melayani masyarakat, dengan terus meningkatkan pelayanan jasa transpotasi ke arah lebih baik lagi.