Istana Maimun Warisan Kesultanan Deli

PariwisataIndonesia.ID – Istana Maimun Medan adalah wisata bersejarah di Medan yang menonjolkan desain arsitektur yang megah dan unik, lokasinya tak jauh kok dari Masjid Raya dan Taman Sri Deli Serdang, jadi cukup mudah menemukan istana tersebut bila Anda memang tertarik untuk berkunjung ke sana.

Istana Maimun ini menarik untuk dijadikan sebagai destinasi liburan, terutama buat anda yang hobi mempelajari sejarah asal usul, maupun yang menyukai keunikan dan keindahan.

Karena istana ini tampil sangat unik dan menjadi daya tarik bagi wisatawan, tidak hanya bagi wisatawan dimestik, tetapi juga Mancanegara.

Istana Maimun Medan ini menjadi banguna ikonik yang berciri khas Melayu, bangunan dengan arsitektur yang bagus dan dominan berwarna kuning pada tiap-tiap dindingnya, sehingga wajar bila memancarkan pesona keindahan dan menjadi salah satu istana teridah di Indonesia.

Didesain oleh arsitek Capt. Theodoor Van Erp, seorang tentara Kerajaan Belanda yang dibangun atas perintah Sultan Deli, Sultan Ma’moen Al Rasyid.

Pembangunan istana ini dimulai dari 26 Agustus 1888 dan selesai pada 18 Mei 1891. Istana Maimun memiliki luas sebesar 2.772 m2 dan 30 ruangan.

Istana Maimun terdiri dari 2 lantai dan memiliki 3 bagian yaitu bangunan induk, bangunan sayap kiri dan bangunan sayap kanan. Bangunan istana ini menghadap ke Timur dan pada sisi depan terdapat bangunan Masjid Al-Mashun atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Raya Medan.

Keindahan Istana Maimun memang tidak terbantahkan. Meski berusia tak kurang dari 125 tahun, keindahan yang memancar dari setiap sudut ruangannya serasa tak lekang.

Tepat di bangunan induk –ruangan utama yang dulu dipakai untuk upacara penobatan Sultan Deli, untuk acara tradisional lainnya, serta tempat Sultan Deli menerima tamu kehormatan maupun sanak saudaranya— kami melihat detail-detail yang sangat indah.

Atap ruangan yang tinggi berhias ornamen unik membuat betah setiap mata pengunjung. Di ruangan utama seluas sekitar 412 meter persegi ini terdapat takhta yang juga didominasi warna kuning.