Jokowi Lepas Kontingen Olimpiade Tokyo, Pesta Akbar Olahraga Internasional Ini Sempat Ditunda

umi kalsum founder dan ceo pvk group,BERITA MENPORA,BERITA PRESIDEN JOKO WIDODO,INDONESIA OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIA'S OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIAN TOURISM WEBSITE,JOKOWI LEPAS KONTINGEN OLIMPIADE TOKYO,MEDIA ONLINE PARIWISATA INDONESIA TERFAVORIT 2020,MEDIA PARIWISATA INDONESIA OFFICIAL,MEDIA PVK GROUP,MEDIA PVK GROUP DENGAN 10 SITUS PARIWISATA DAN E MAGAZINE,MEDIA RESMI PARIWISATA INDONESIA,MENTERI BUMN ERICK THOHIR SELAKU IOC MEMBER,MENTERI PEMUDA DAN OLAHRAGA ZAINUDDIN AMALI,PARIWISATA INDONESIA,PRESIDEN JOKO WIDODO,WEBSITE RESMI PARIWISATA INDONESIA
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara resmi melepas kontingen tim Indonesia yang akan menuju Olimpiade Tokyo 2021 di Istana Negara, Kamis (8/7) siang. Presiden Jokowi didampingi Menpora Amali, Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari dan Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020, Rosan Roeslani. (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

PariwisataIndonesia.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas Kontingen Indonesia yang bakal berlaga di Olimpiade Tokyo, 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Upacara pelepasan dilakukan dari Istana Negara, Jakarta, Kamis siang, (8/7), dihadiri oleh undangan terbatas dan secara virtual atau digelar hybrid di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga 20 Juli 2021.

“Saya telah memperoleh laporan, tadi sudah disampaikan juga oleh Pak Menpora, bahwa yang berangkat adalah 28 atlet, 17 ofisial dari 8 cabang olahraga. Cabang atletik, panahan, rowing, menembak, bulutangkis, angkat besi, renang, dan selancar. Sudah sepenuhnya siap bertanding secara sportif dan berpotensi meraih medali juara dan saya yakin, Insya Allah perjuangan saudara-saudara akan mendapatkan hasil,” kata Presiden, kutip Redaksi Pariwisata Indonesia dari siaran resmi di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (8/7).

Dalam kesempatan itu, Jokowi berharap kepada atlet bisa menunjukkan prestasinya.

“Rakyat menaruh harapan besar kepada saudara-saudara dan prestasi saudara-saudara akan menjadi prestasi negara kita Indonesia. Selamat menjalankan amanah berat ini, rakyat menunggu saudara-saudara kembali ke Tanah Air dengan membawa medali yang membanggakan Indonesia. Semoga perjuangan saudara-saudara berhasil,” pesan Presiden.

Kepala Negara juga menyoroti soal kesehatan atlet, dalam arahannya kepada para atlet dan ofisial yang hadir dan secara virtual, Presiden mengingatkan mulai hari ini sampai ke puncak pertandingan senantiasa menjaga stamina, sehingga fokus pada pertandingan dan prestasi di pesta akbar olahraga dunia tersebut.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali dalam laporannya mengatakan, tim Merah Putih beranggotakan 28+1 atlet dari delapan cabang olahraga; 23 official; 20 personil tim head quarters dan dipimpin oleh Chefs de Mission (CdM) Rosan Roeslani.

“Hasil dari kualifikasi ini melebihi dari target di dalam rencana awalnya hanya dapat memberangkatkan 22 atlet karena situasi pandemi Covid-19, tetapi karena usaha dan kerja keras kita bisa memberangkatkan 28 atlet,” terang Menpora.

Selanjutnya, Menpora juga melaporkan bahwa seluruh atlet, ofisial, dan tenaga pendamping yang akan berangkat menuju Olimpiade Tokyo telah divaksin Covid-19 pada tanggal 26 Februari lalu.

Amali pun menilai jumlah atlet yang lolos yang sama dengan Olimpiade Rio de Janeiro, 2016 sebagai hasil kerja keras dari pimpinan cabang olahraga (Cabor.Red), National Olympic Committee (NOC) Indonesia, dan CdM.

Dilansir dari laman Menpora, dengan kondisi pandemi Covid-19 yang menyebabkan sejumlah kualifikasi dibatalkan, pencapaian tersebut cukup membanggakan.

“Jangan sia-siakan kesempatan ini, anggaplah ini Olimpiade terakhir yang Anda ikuti. Jangan menyerah sebelum akhir kompetisi karena jika berhasil Anda akan dikenang sebagai pahlawan telah mengharumkan nama bangsa karena sudah meraih medali di ajang olahraga internasional tertinggi,” ujarnya memberi semangat kepada atlet.

Tampak hadir dalam acara tersebut, seperti Menteri Pemuda Zainudin Amali, Ketua Komite Olimliade Indonesia Raja Sapta Oktohari, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Rosan P Roeslani, Menteri BUMN Erick Thohir selaku IOC Member.

Hadir pula empat perwakilan atlet yang yakni Aflah Fadlan Prawira (renang), Windy Cantika (angkat besi), serta pemanah Arif Dwi Bagus Pangestu dan Bagas Prastyadi.

Tercatat, pesta akbar olahraga internasional ini harusnya digelar tahun lalu tapi ditunda karena pandemi Covid-19. (Indah Ms/Eh)