Tempoyak Kuliner khas Bengkulu

Masih di Provinsi Bengkulu, kota yang terkenal dengan nama bunga bangkai. Dulunya di kota Bengkulu banyak terdapat bunga bangkai atau raflessia arnoldy.

Kepulauan Sumatera tepatnya di bagian barat daya adalah tempat Provinsi Bengkulu berada. Kota ini selain terdapat destinasi indah dan wisata bersejarah, juga memiliki wisata lain. Yaitu, wisata kuliner yang layak untuk kita simak.

Mungkin kamu sudah mengenal kuliner khas dari kota Bengkulu, akrab dikenal dengan nama Tempoyak. Kuliner ini adalah jenis makanan yang unik. Bagaimana tidak, bahan yang digunakan untuk membuatnya harus difermentasi terlebih dahulu. Adapun bahan tersebut adalah buah durian yang kemudian difermentasi sehingga menciptakan cita rasa yang asam akibat proses fermentasi.

Tempoyak
Tempoyak, foto: annisafredyta4.blogspot.com

Tempoyak tidak hanya terkenal di Bengkulu, tetapi juga di sejumlah daerah lain seperti Palembang, Lampung, Jambi, dan bahkan hingga ke pulau Kalimantan di mana terkenal akan buah duriannya.

Tempoyak ini baru bisa dimakan setelah daging buah durian difermentasi selama 3 – 5 hari. Tempoyak yang sudah jadi selanjutnya bisa diolah sesuai selera masing-masing.

Ada juga yang memadukan Tempoyak dengan ikan teri, ikan patin, ikan mujair, ataupun ikan mas. Selain itu ada juga yang memasak tempoyak bersama campuran daging ayam atau menggunakannya sebagai sambal dan bumbu masakan.

Bahkan, tak sedikit pula masyarakat di Bengkulu yang menyantap tempoyak secara langsung tanpa didampingi menu lain. Penasaran dengan kuliner ini, cobain kuliner Tempoyak saat di Bengkulu, ya!