Kelompok Pengusaha Peduli NKRI bersama Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia Bantu Virus Corona (Covid-19)

Pengusaha dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Galang Donasi
Pengusaha dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Galang Donasi

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Secara simbolik, Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia(KADIN) menyerahkan bantuan alat kesehatan kepada pemerintah. Bantuan diserahkan kepada Menteri BUMN Erick Thohir di kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat.  Bantuan ini didapatkan dari donasi perusahaan di bawah naungan KADIN yang tergabung dalam inisiatif ‘Pengusaha Peduli NKRI.’ Ada beberapa jenis alat kesehatan yang diberikan kepada Kementerian BUMN, antara lain alat test cepat (rapid test kit), alat perlindungan diri (APD), alat bantu pernafasan, dan masker.

Ketua Umum KADIN Rosan Roeslaeni mengungkapkan, pihaknya tengah menggalang donasi secara bertahap. Diharapkan kegiatan tersebut bisa mengumpulkan hingga Rp 500 miliar buat membantu penanganan pandemi virus Covid-19.

Sejumlah perusahaan telah ikut berkontribusi dalam kegiatan donasi yang diadakan secara bertahap. Pada periode pertama, Kadin Indonesia, Tzu Chi, Sinar Mas, Artha Graha Peduli Foundation, PT Djarum, Agung Sedayu Group, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Puradelta Lestari Tbk, dan Triputra Group telah berdonasi sekaligus menginiasi gerakan “Pengusaha Peduli NKRI”.

Di tahap kedua, Wisesa Tbk., Wings Corporation, Rajawali Corporation, Garudafood, Nutrifood Indonesia, beserta FKS Group, PT Pan Brothers Tbk., PT Sritex Tbk., dan PT Sumber Alfaria Trijaya memberikan donasi. Terkini, donasi diberikan oleh Ciputra Group, First Resources Ltd., Mulia dan Wilmar International.

“Kami telah lama bersinergi dengan sektor usaha dalam aktivitas sosial dan filantropi, namun baru kali ini bekerja sama menghadapi pandemi. Penanganan bersama Covid-19 adalah ujian terbesar kebersamaan kami,” ujar relawan Tzu Chi, Hong Tjhin dalam keterangannya pada wartawan, Selasa (24/3/2020).

Perkembangan donasi, jelas Rosan, akan dilaporkan secara berkala kepada Presiden RI. Sementara itu, Managing Director Sinar Mas, G. Sulistyanto sebagai koordinator inisiatif donasi, mengungkapkan pemerintah memfasilitas perusahaan lewat relaksasi perizinan impor alat kesehatan guna mempercepat penanganan pandemi virus corona.

“Penyebaran virus yang cepat dan tak memilih korbannya mengingatkan kita akan pentingnya menggalang solidaritas dalam penanganan pandemi ini. Kami melihat Kementerian BUMN yang membawahi sejumlah entitas pelayanan publik mesti mendapatkan dukungan,” kata Sulistyanto