Ketua Dewan Pers Indonesia: Jakob Oetama untuk Indonesia ‘1000 Karat’

"Selamat jalan Pak Jakob Oetama. Terima kasih untuk warisan kebajikan dan jasa almarhum untuk dunia pers dan bangsa ini. Semoga segala amal pengabdian almarhum mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT, dan segenap keluarga yang ditinggalkannya tetap kuat dan tabah," Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo
RIP Pemilik Kompas, Menteri Wishnutama, Mohammad Nuh, Pendiri Kompas Gramedia Berpulang,Presiden Joko Widodo, RIP Jakob Oetama, Berita Jakob Oetama Meninggal, Sandiaga Uno, Berita Sandiaga, Selamat Jalan Jacop Oetama, Media PVK, Umi Kalsum

PariwisataIndonesia.id – Ketua Dewan Pers Indonesia Mohammad Nuh(M. Nuh), masa periode 2019-2020, menyebutkan Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama, memiliki kecintaan pada Indonesia. Dikatakan M. Nuh kepada wartawan saat melayat di persemayaman di gedung Kompas Gramedia, Jakarta, Rabu malam, 9 September 2020.

“Beliau memang tegak lurus untuk urusan merah putih, karatnya itu sudah 1.000 karat lah, enggak perlu lagi dipertanyakan,” sebut M. Nuh.

Ia yang sebelumnya Mantan Menteri Pendidikan, terkenang akan kebaikan dan integritas Jakob. Mendiang sangat berkomitmen menjaga Indonesia. Almarhum terlibat aktif dalam menolong kegiatan kemanusiaan. Dan mau hadir di acara budaya tentang kebhinnekaan.

“Saya tangkap beliau orang yang sangat jernih, cerdas dan sangat santun. Beliau menghormati siapa pun, saya yang nisbi muda, kalau berbicara, diskusi juga mendengarkan dengan baik,” jelas M Nuh.

Dalam keterangan M. Nuh tersebut dikatakan Kompas Gramedia berhasil meramu jurnalistik dan melekatkan pondasi digital secara baik. Dinilainya penuh perhatian pada pemanfaatan bonus digital, terutama saat pandemi sekarang. Media Indonesia kini makin berkembang. Dan tak bisa dilepaskan kemajuan pers di Tanah Air dari sosok Pendiri Kompas Gramedia.

Secara terpisah, Pengusaha Nasional Sandiaga Uno mengenang serupa. Sepak terjang mendiang konsisten dan Sandiaga menyebut Jakob Oetama adalah tokoh pelopor di bidang dunia usaha.

“Kita semua kehilangan tokoh pioneer di dunia usaha, seorang insan pers yang bertransformasi menjadi entrepreneur sukses dan menginspirasi, dan menciptakan begitu banyak peluang usaha dan lapangan kerja,” ucap Sandiaga dihadapan wartawan di rumah duka, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (9/9/2020).

Sandiaga yang akrab dipanggil Papa Online. Pernah mencalonkan sebagai Wakil Presiden RI, juga sebagai Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta sangat terpukul atas kehilangan Jakob Oetama.

“Bagi saya kenangan terakhir tiga tahun lalu waktu saya meluncurkan buku, beliau menitipkan pesan untuk terus menginspriasi dengan memberikan semangat kepada anak-anak muda, motivasi untuk tetap proaktif mengambil peluang membangun bangsa ke depan,” tutup Papa Online.

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, dalam pesan di akun instagram resminya, memposting foto Jakob Oetama memberikan caption.

“Turut berduka cita sedalam-dalamnya atas kepergian pak Jacob Oetama.

Saat saya memimpin salah satu TV swasta yang juga dimiliki oleh almarhum, saya sering diundang kekantor Pak Jocob untuk berbincang mengenai banyak hal termasuk perkembangan media kedepan.

Almarhum Pak Jacob adalah seorang tokoh yang mempunyai idealisme dan sifat bijak yang sangat tinggi. Banyak ilmu dan ‘wisdom’ yang saya dapat langsung dari beliau, yang sangat bermanfaat bagi saya dalam menjalankan tugas-tugas saya selanjutnya.

Selamat jalan Pak Jacob Oetama. Terima kasih banyak untuk inspirasi dan karyanya bagi kemajuan media dan bangsa ini. Semoga amal pengabdian almarhum mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT, dan segenap keluarga yang ditinggalkannya diberikan kekuatan dan ketabahan,”  tulis Menteri Wishnutama.

Pendiri Kompas Gramedia Jakop Oetama, meninggal dunia akibat gangguan multiorgan, pada hari Rabu tanggal 9 September 2020, jam 13;05 WIB, di Rumah Sakit Mitra Keluarga-Kelapa Gading, dalam usia 88 tahun. Kepergiannya tepat pada bulan yang sama, kelahiran 27 September 1931.

Jenazah setelah dari rumah duka di Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Disemayamkan di Gedung Kompas Gramedia di Palmerah Selatan, bentuk Penghormatan sebelum ke Peristirahatan Terakhir. Dan Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan akan pimpin prosesi upacara pemakaman tokoh pers senior Indonesia, Jakob Oetama di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Kamis, 10 September 2020.