Menag Yaqut Amini Pemerintah Setujui Candi Prambanan dan Borobudur Buat Aktivitas Keagaaman

Menag Yaqut mengapresiasi Pemerintah yang setujui Candi Prambanan dan Borobudur dimanfaatkan buat berbagai aktivitas keagamaan.
Pariwisata Indonesia

PARIWISATAINDONESIA.ID – Pemerintah menyepakati Candi Prambanan dan Borobudur dapat dimanfaatkan untuk kepentingan Umat Hindu dan Umat Buddha Indonesia dan Dunia.

Kesepakatan ini tertuang dalam Nota Kesepakatan yang ditandatangani oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X di Kantor Gubernur DIY, Jumat (11/2/2022).

Hadir secara luring, Koordinator Staf Khusus Menteri Agama RI Abdul Rochman, dan Kepala Biro Umum, Hukum dan Pengadaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nina Azhari, yang turut membubuhkan parafnya.

Seremonial ini disaksikan secara daring oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud-Ristek Hilman Farid.

Hadir pula secara luring, di antaranya Koordinator Staf Khusus Presiden AA GN Ari Dwipayana, Plt Dirjen Bimas Hindu I Komang Sri Marhaeni, Direktur Urusan Agama Hindu Trimo, Tokoh Hindu Nyoman Warta, Untung Waluyo, Anak Agung Ketut Darmaja, Ida Pengelingsir Agung Putra Sukahet, dan Anak Agung Ngurah Wirawan.

Tampak pula, seperti Plt Dirjen Bimas Buddha Nyoman Suriadarma, Direktur Urusan dan Pendidikan Buddha Supriyadi, Banthe Sri Pannavaro, Suhu Dutavira, Ketua Umum Walubi Hartati Murdaya, dan Plt Ketua Umum Permabudhi Prof Philip K Widjadja di acara tersebut.

Menag Yaqut Cholil Qoumas menyambut baik penandatangaan Nota Kesepakatan tersebut.

Menurutnya, ini akan lebih menguatkan keselarasan dan kerja sama semua pihak untuk bersama-sama mengembangkan dan memanfaatkan candi dalam perspektif nilai spiritual kebudayaan.

“Melalui Nota Kesepakatan ini, semua stakeholder dapat mengidentifikasi peran dan ruang yang dapat diakses masing-masing,” kata Menag melalui keterangan tertulisnya, Jumat (11/2/2022).

Khusus kepada umat Hindu dan umat Buddha beserta seluruh organisasi keagamaannya, Menag berharap dapat mengambil momentum ini untuk dipersilakan menggelar berbagai aktivitas keagamaan di tempat tersebut.

“Silakan mempersiapkan berbagai agenda untuk ibadah keagamaan umat Hindu dan umat Buddha Indonesia serta dunia,” ucapnya.

Menag menambahkan, pemanfaatan Candi Prambanan dan Candi Borobudur untuk kegiatan keagamaan juga langkah nyata pemerintah dalam merealisasikan program strategis destinasi wisata super prioritas yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi.

Bersambung ke halaman berikutnya
Candi Prambanan dan Candi Borobudur .. “

× Hubungi kami