Menteri Wishnutama: 30 Hotel di DKI Jakarta Siap untuk Isolasi Pasien OTG

"Pemilihan hotel yang kami siapkan berdasarkan masukan dari PHRI. Selain usulan PHRI tersebut, bagi hotel yang sudah siap silakan kirim pengajuan ke Kemenparekraf/Baparekraf untuk selanjutnya akan ditinjau oleh Kemenkes,” kata Menteri Wishnutama Kusubandio.
Pariwisata Indonesia, Berita Pariwisata Indonesia, Menteri wishnutama, Nia Niscaya, Media PVK Group, Founder dan CEO Media PVK Group Umi Kalsum
Menteri Wishnutama Kusubandio dan Wamen Angela Tanoesoedibjo
Pariwisata Indonesia, Berita Pariwisata Indonesia, Indonesia Maju, Menteri Pariwisata Wishnutama Kusubandio, Wamen Angela Tanoesoedibjo, Media PVK Group, Umi Kalsum Founder dan CEO PVK Group, Nia Niscaya
Menteri Wishnutama bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merangkap tugas Ketua Satgas Penanganan Covid-19

PariwisataIndonesia.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyampaikan, bahwa dukungan dari industri perhotelan untuk menyokong program pasien status Orang Tanpa Gejala (OTG) mendapat antusiasme yang tinggi.

Hal tersebut disampaikannya di Jakarta, pada, Senin (21/9), terkait upaya Kemenparekraf dalam meringankan pasien OTG menggandeng industri perhotelan.

Menyoroti hal itu, Kementerian Kesehatan bersama dengan Kemenparekraf menegaskan, bahwa kesiapan industri perhotelan telah memasuki tahap finalisasi.

“Industri hotel harus dapat mengikuti assessment yang disyaratkan Kementerian Kesehatan. Kesiapan hotel harus dapat dipastikan Kementerian Kesehatan agar jangan sampai justru terjadi klaster baru,” tegas Menteri Wishnutama Kusubandio.

pariwisata indonesia
Menteri Wishnutama Berkunjung Validasi Kesiapan Industri Perhotelan didampingi Pengusaha Hariyadi Sukamdani, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo)

Ia mengatakan hingga saat ini sudah ada 30 hotel di DKI Jakarta yang menyatakan siap untuk melakukan kerja sama.

Saat sekarang, Kemenparekraf bersama Kemenkes tengah menyusun Standard Operating Procedure (Flowchart) berkaitan dengan penanganan prosedur masyarakat yang positif terinfeksi COVID-19 namun tanpa gejala bisa check-in di hotel-hotel yang telah ditentukan.

Kemenparekraf akan menyiapkan dan menanggung biaya akomodasi berupa minimal hotel sekelas atau setara bintang 3, termasuk konsumsi serta layanan binatu tiap harinya.

Sementara Kemenkes akan menangani keperluan medis seperti biaya obat, ambulans juga kunjungan dokter.

Pariwisata Indonesia, Berita Pariwisata Indonesia, Indonesia Maju, Menteri Pariwisata Wishnutama Kusubandio, Wamen Angela Tanoesoedibjo, Media PVK Group, Umi Kalsum Founder dan CEO PVK Group, Nia Niscaya
Menteri Wishnutama didampingi Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merangkap tugas Ketua Satgas Penanganan Covid-19,

“Pemilihan hotel yang kami siapkan berdasarkan masukan dari PHRI. Selain usulan PHRI tersebut, bagi hotel yang sudah siap silakan kirim pengajuan ke Kemenparekraf/Baparekraf untuk selanjutnya ditinjau oleh Kemenkes,” imbuhnya.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya, juga mengatakan, bahwa program ini akan difokuskan terlebih dahulu di Jakarta, kemudian menyusul beberapa provinsi lain di Indonesia hingga Desember 2020.

Bersambung ke halaman berikutnya
Syarat untuk hotel yang menjadi mitra .. “