Pemkot Tegal Wacanakan Wisata Vaksinasi di Dermaga Apung

PariwisataIndonesia.id – Pemerintah Kota Tegal, Jawa Tengah, menargetkan 90 persen sasaran vaksinasi Covid-19 di wilayahnya sudah disuntik pada Oktober mendatang. Berbagai upaya dilakukan sejumlah pihak untuk mencapai target tersebut. Yang terbaru, pemerintah mewacanakan wisata vaksinasi di dermaga apung Pantai Alam Indah.

Dilansir dari Kompas, dalam beberapa kesempatan, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono menuturkan, pihaknya akan mempercepat vaksinasi agar kekebalan komunal di wilayahnya bisa segera terbentuk. Salah satu yang ia wacanakan adalah membuka wisata vaksinasi di dermaga apung Pantai Alam Indah, obyek wisata andalan Kota Tegal.

Wisata vaksinasi apung itu diperkirakan mulai dibuka pada 1 September. Tak hanya warga Kota Tegal, warga luar kota ataupun luar provinsi boleh mengikuti vaksinasi di tempat itu.

Meski dibuka untuk umum, tidak setiap orang yang datang boleh masuk dan berwisata. Hanya pengunjung yang akan menjalani vaksinasi yang diizinkan masuk ke kawasan Pantai Alam Indah.

Kendati diberi nama wisata vaksinasi apung, proses penyuntikan dan pemeriksaan kesehatan tidak dilakukan di dermaga, melainkan di tepi pantai. Adapun pendaftaran dilakukan di atas dermaga apung. Sembari mengantre atau menunggu waktu observasi, penerima vaksin bisa menikmati pemandangan obyek wisata itu.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kota Tegal Maman Suherman, Rabu (4/8/2021), mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah menarik minat masyarakat untuk mengikuti vaksinasi. Di samping itu, juga untuk mengangkat perekonomian para pelaku usaha wisata.