Pesan Presiden Jokowi: Kesehatan Nomor Satu!

PariwisataIndonesia.id - Pesan Presiden Joko Widodo untuk Bangsa Indonesia. Fokus pada satu hal, yakni kesehatan. Kesehatan dan ekonomi menjadi dua isu utama yang saling terkait di era pandemi Covid-19. Kesehatan yang baik akan menjadikan ekonomi Bangsa baik.
Presiden Joko Widodo, Presiden Jokowi, Jokowi, Pesan Presiden, Kesehatan nomor satu, pilkada tetap sesuai jadwal, Jadwal Pilkada Desember 2020, Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan,Kesehatan yang baik akan menjadikan ekonomi Bangsa baik,Masyarakat Harus Peduli Kesehatan dan Kebersihan,Masyarakat Peduli Kesehatan dan Kebersihan Diri dan Lingkungan,Media PVK,Pariwisata Indonesia,Pesan Presiden: Kesehatan Nomor Satu, Presiden Joko Widodo, Presiden Jokowi, Jokowi, Adaptasi kebiasaan baru
Dok. Humas Kemensetneg

PariwisataIndonesia.id – Pesan Presiden Joko Widodo untuk Bangsa Indonesia. Fokus pada satu hal, yakni kesehatan. Kesehatan dan ekonomi menjadi dua isu utama yang saling terkait di era pandemi Covid-19. Kesehatan yang baik akan menjadikan ekonomi Bangsa baik.

Di tengah upaya penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi, Negara tetap memastikan persiapan Pilkada serentak berjalan sesuai jadwal di bulan Desember 2020.

View this post on Instagram

Dua bulan lalu saya telah menyampaikan bahwa manajemen penanganan klaster-klaster transmisi lokal Covid-19 perlu ditingkatkan terutama di delapan provinsi yang menjadi prioritas. Strategi intervensi berbasis lokal, atau pembatasan berskala lokal, penting sekali untuk dilakukan. Mengapa? Karena dalam sebuah provinsi, misalnya ada 20 kabupaten dan kota, tidak semua berada dalam posisi merah. Penanganannya jangan digeneralisir. Begitu juga di sebuah kota atau kabupaten, tentu tidak semua kecamatan, kelurahan atau desa, berstatus merah. Tentu ada yang hijau atau kuning. Masing-masing lingkungan ini memerlukan treatment dan perlakuan yang berbeda-beda. Karena itulah, saya menyampaikan agar pemerintah daerah menerapkan strategi intervensi berbasis lokal dan strategi pembatasan berskala lokal. Penerapan strategi tersebut akan membuat penanganan menjadi lebih detail dan lebih fokus. Jadi, keputusan-keputusan dalam merespons penambahan kasus di provinsi, kabupaten, maupun kota, selalu berdasarkan data sebaran kasus.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Penyelenggaraan Pilkada tetap dilakukan, tak bisa menunggu hingga pandemi berakhir. Karena itu, penyelenggaraan Pilkada harus dengan cara baru, terapkan protokol kesehatan yang ketat. Adaptasi kebiasaan baru membawa banyak perubahan kepada masyarakat Indonesia yang juga terjadi hampir di seluruh dunia.

Perubahan yang terjadi seperti memakai masker saat berada di luar rumah, cuci tangan dan atur jarak. Saat ini, sudah melekat di setiap aktivitas kehidupan. Hal tersebut seakan menjadi norma atau budaya baru masyarakat Indonesia.

Kebiasaan baru yang muncul saat situasi pandemi harus atas kesadaran masyarakat sendiri, dan tidak bisa terus-terusan diterapkan secara paksa. Masyarakat didorong makin peduli terhadap kesehatan dan juga kebersihan diri dan lingkungan.

Pemerintah mengharapkan kebiasaan baru, bukan dilakukan karena terpaksa. Tetapi, dilakukan karena kesadaran, rasa tanggung jawab masyarakat sendiri.

Perkembangan info terkait kegiatan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bisa dipantau di Instagram@Jokowi, dan laman resmi setneg.go.id. Saksikan juga dari layar video resmi Youtube Presiden Joko Widodo dan Kementerian Sekretariat Negara RI.