Sandiaga Uno Ikut Bawa Obor ASEAN Para Games 2022 Sambil Selipkan Pesan dan Harapan Bilang Begini

Pariwisata Indonesia
Ilustrasi gambar: Ikut membawa Obor ASEAN Para Games 2022, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap Pariwisata dan Ekonomi Solo Bangkit. (Foto: Ist)

PariwisataIndonesia.id, Solo – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno hadir dalam kirab obor atau Torch Relay ASEAN Para Games 2022. Di kesempatan tersebut, yang acaranya digelar di Solo, Minggu (24/07/2022).

Menteri Sandiaga Uno berharap dari agenda olahraga berskala internasional itu memantik kebangkitan pariwisata dan perekonomian di Tanah Air, khususnya yang ada di wilayah Kota Solo, Jawa Tengah.

“Bukan hanya kebangkitan olahraga, tapi dengan terselenggaranya ASEAN Para Games XI ini diharapkan juga turut membangkitkan pariwisata dan perekonomian, khususnya Kota Solo, Jawa Tengah, dan Indonesia, terutama pascapandemi,” kata Sandiaga di Solo, Minggu (24/7/2022).

Perihal acara tersebut diikuti atlet disabilitas, perwakilan federasi negara peserta ASEAN Para Games 2022, Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) hingga National Paralympic Committee (NPC) Indonesia.

Baca juga :  Teman Sandi Gelar Aneka Lomba Sambil Bagi Sembako di Kabupaten Lebak

Mencermati rangkaian kegiatan itu, Sandiaga Uno bersama dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang bertindak selaku tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022, sekaligus menjabat ketua INASPOC terlihat dalam iring-iringan kirab obor Api Abadi Mrapen, di Grobogan, Jawa Tengah.

Rombongan tersebut berjalan dari titik start, kawasan Purwosari, Kota Solo, sekitar pukul 05.30 WIB. Kemudian, berlari kearah Stadion Sriwedari.

Sesampainya di Stadion Sriwedari, rombongan berkeliling lapangan terlebih dahulu yang disaksikan masyarakat Kota Solo yang sudah memadati tribun penonton.

Tak berhenti sampai di situ, kirab obor ini secara simbolis diserahkan pula kepada Ketua NPC Indonesia Senny Marbun dari Menteri Sandiaga Uno.

Selepas penyerahan, tampak sederet hiburan menyertai acara itu mulai dari tarian hingga reog ikut larut menghibur para kontingen atlet, official dan masyarakat Solo.

“(Pawai obor) meneruskan bersama para atlet dan para atlet ini ditargetkan siap semua jadi juara umum. Selamat atas penyerangan event ASEAN para games 2022 mudah-mudahan menebar harapan dan semangat,” tutur Sandiaga di Stadion Sriwedari.

Ia menambahkan, sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, dirinya ditugaskan mengawal pelaksanaan ASEAN Para Games.

Lanjutnya, demi mendongkrak destinasi pariwisata di Indonesia, “Dan juga mendongkrak penjualan omzet produk ekonomi kreatif kita. Kami lihat tadi kerajinan dan juga reog di tampilkan. Ini satu kesatuan kami fokuskan sebagai awal kebangkitan,” pesan Sandi menegaskan.

Menyinggung antusiasme warga kota Solo begitu tinggi dalam menyambut gelaran acara tersebut, Ketua Pelasana INASPOC Gibran mengatakan, “Iya tadi apik (bagus), ramai antusias warga. Tadi lari sampai finish,” kata Gibran. (Rss)

Reporter :  Ronald S. Siagian
Editor      :  M. Ridwan

× Hubungi kami