Sarinah di Renovasi, Store UMKM Makin Berkelas!

Sarinah di Renovasi, Store UMKM Makin Berkelas!

Ditinggal McDonald's, Gedung Sarinah Thamrin Apa Makin Pamor?

Keputusan PT Sarinah(Persero) melakukan renovasi akibatkan McDonald’s(McD) Indonesia menutup toko pertamanya di Indonesia pada malam tadi, pukul: 22.00 wib, Minggu (10/5).

Padahal sudah lama tentang rencana akan pemugaran ini disampaikan, tapi sekarang beritanya kembali marak!

PT Sarinah (Persero) sebagai BUMN yang menjadi wadah industri kreatif tanah air dibawah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah berencana untuk melakukan revitalisasi dan renovasi gedung sejak tahun 2019 sebagai langkah transformasi bisnis yang dijalankan perusahaan.

McD Sarinah bagian dari cerita perjalanan hidup yang malam ini tergusur karena zaman. Punya kenangan manis di hati masyarakat Indonesia.

Momen dan cerita-cerita seliweran, sambar menyambar seperti membuka buku diary yang sudah digembok.

Langkah cepat cara McD Sarinah Thamrin menstimulasi dahsyat bak bola salju. Efek dominonya luar biasa.

Terus berseliweran sejak akun instagram@mcdonaldsid memposting pada tanggal 8 Mei 2020.

McD Sarinah menyampaikan pesan provokatif cerita indah bangkitkan kenangan masa lalu.

Dan mengena, momentumnya tepat.

Cabang McD Sarinah Thamrin berada di landmark sentimental terutama di kalangan muda 90’an. Bukan sekedar kebetulan kalau memiliki nilai historis dan sentimental untuk generasi 60, 70 bahkan 80’an.

Sangat disayangkan, terlambat. Kepekaan itu tidak dimanfaatkan. Rasa empatinya ditanggapi datar.

Terlihat sedikit kurang responsif. Pada waktu yang sama seharusnya manajemen PT Sarinah proaktif untuk serupa melakukan campaign. Perlu disampaikan UMKM (Usaha Kecil dan Menengah) pun sangat bangga, lebih percaya diri produknya dihadirkan dan ada di etalase Sarinah.

Kebijakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tepat sekali.

Keputusan melakukan transformasi menuju era masa depan store Sarinah hadirkan UMKM lebih berkelas.

Langkah tegas ini harus mendapatkan apresiasi anak bangsa.

Ilustrasi visual Instagram@mcdonaldsid.

Sebagai media yang aktif dalam memberikan pesan positif untuk menanamkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

Mengedepankan nilai-nilai kebangsaan maka redaksi Pariwisata Indonesia hadir untuk mendorong majunya pariwisata di tanah air. Termasuk turut serta mewadahi UMKM dengan memberikan support penuh agar maju dan berkembang lebih pesat.

Penting juga disampaikan pada kesempatan ini untuk menjelaskan bahwa redaksi Pariwisata Indonesia sangat ingin Generasi Milenial dalam Industri 4.0 menikmati liburan dan berbagi perjalanan wisatanya di Indonesia.

Generasi Z, fenomenanya tak bisa dilepaskan dari Gadget. Era sekarang berubah jauh dari generasi Baby Boomer.

McD Sarinah Thamrin sampaika pesan perpisahan. Untuk cerita dan kenangan yang terukir.

Rasa terima kasih disampaikan secara tulus.

Momen kebersamaan yang tidak pernah terlupakan.

Tulisan perpisahan manajemen restoran cepat saji MD Sarinah Thamrin menjelaskan sudah melayani warga Jakarta selama 30 tahun yang baru saja tutup tadi malam, pada Minggu (10/5/2020).

Kabar ini dibenarkan oleh pihak McD melalui akun Instagram@mcdonaldsid.

Menurut unggahannya tersebut, penutupan harus dilakukan karena permintaan manajemen gedung Sarinah melalui surat resmi yang dikirimkan tertanggal 30 April 2020.

Ilustrasi visual Instagram@mcdonaldsid.

View this post on Instagram

Terlalu banyak cerita dan juga kenangan yang pernah kita lewati bersama di sini. Mulai dari berbagi kesedihan sampai kebahagiaan. McDonald's Sarinah – Thamrin menjadi McDonald's pertama di Indonesia dan hampir 30 tahun hadir untuk membagi kebahagiaan untuk semua. Atas permintaan manajemen gedung Sarinah melalui surat resmi tertanggal 30 April 2020, mereka akan melakukan renovasi dan akan melakukan perubahan strategi bisnis. Maka dengan sangat berat hati kami akan menutup pintu McDonald's Sarinah Thamrin secara permanen mulai Minggu 10 Mei 2020 jam 10:05 malam. Kami mengucapkan banyak terima kasih untuk segala momen kebersamaan yang tak akan terlupakan di #McDSarinah. 😊👋🏻

A post shared by McDonald's Indonesia (@mcdonaldsid) on

“Mereka akan melakukan renovasi dan akan melakukan perubahan strategi bisnis. Maka dengan sangat berat hati kami akan menutup pintu McDonald’s Sarinah Thamrin secara permanen mulai Minggu 10 Mei 2020 jam 10:05 malam,” tulis akun instagram@mcdonaldsid, keterangan foto memberikan pesan menyayat hati dan jelas ini menunjukan sikap kerendahan hati yang sedang terpukul.

Pesan jujur ini nyata dan tulus, kebijakan PT Sarinah terdampak bagi kelangsungan usaha McD Sarinah Thamrin dan bisnis secara luas.

Dilansir dari situs resmi McDonald’s Indonesia, jelaskan history awalnya McDonald’s masuk ke Indonesia. Disana dijelaskan, pada 14 Februari 1991 gerai pertamanya hadir di Sarinah, Thamrin. Ungkapan ini ditulis oleh Direktur Marketing Communications, Digital, dan CBI McDonald’s Indonesia Michael Hartono dalam siaran yang dibagikan di Jakarta pada, Kamis (7/5).

“Kami menyadari restoran McDonald’s di Sarinah, Thamrin, ini merupakan salah satu restoran kami yang penting dan sangat bersejarah. Tidak hanya bagi kami, namun juga bagi konsumen kami. Bukan hanya karena lokasinya yang strategis, namun juga karena banyak kenangan yang tercipta di sana. Bagi kami, McDonald’s Thamrin adalah flagship store yang menjadi tonggak sejarah kehadiran McDonald’s di Indonesia,” Michael Hartono, Direktur Marketing Communications, Digital, dan CBI McDonald’s Indonesia.

Baca Juga:  Trio BUMN akan Renovasi Gedung Sarinah, Sukses!

Tak lepas dari ingatan, cerita kenangan masa lalu juga datang dari Muhammad Ali Petinju Dunia.

Terlaku banyak kenangan tersimpan di McD Sarinah, akun twitter @pra_dypta, mencuit, “Kenangan saat Almarhum Muhammad Ali mentraktir warga di Jakarta di McD Sarinah pada tahun 1996,” tulisnya di akun Twitter @pra_dypta, pada Jumat (8/5/2020).

Almarhum Muhammad Ali pernah makan seperti tamu-tamu pada umumnya. Ia datang bersama rekannya sehotel, mampir kesana untuk cari makan.

pariwisata indonesia

Moh Ai di McD Sarinah Thamrin . Foto: Twitter@pra_dypta, pada Jumat (8/5/2020).

Kehadirannya bikin heboh dan banyak orang mendekat dan ingin mengenalkan diri. Ia menyambut keramahan pengunjung resto bahkan mentraktir semua pengunjung yang ada di McD Sarinah Thamrin.

Ditutupnya gerai Sarinah Thimarin tadi malam, Minggu(10/05). sangat memukul.

Pandemi ini terjadi secara global, semua negara terdampak.

Tentu perlu proses menyembuhkan rasa sakit dan lukanya.

Masih ingat pristiwa bom Sarinah? Menambah deretan kepahitan bisnis.

Pesan Michael tulus dan perlu harus disikapi bijaksana.

Wabah corona pasti bisnis resto McDonald’s di Indonesia terdampak dan terjadi di semua cabang.

Dampak dari pandemi Covid-19 luar biasa.

Sudah pasti bisnis McD Sarinah Thamrin terpukul.

Tentu saja, tidak sedikit orang-orang yang mengikuti Muhammad Ali masuk ke McD Sarinah pada waktu itu.

Memori Muhammad Ali mentraktir makanan di McD Sarinah sangat membekas di hati masyarakat Indonesia.

Foto Muhammad Ali sedang memesan makanan di kasir McD Sarinah telah menyebar.

Tidak sedikit bahkan warganet yang mengunggah kembali foto kenangan Muhammad Ali ketika berada di McD Sarinah lewat akun media sosial masing-masing.

Mengutip dari situs silahkan Klik! Pada (8/5), Detik.com, penulisnya Achmad Dwi Afriyadi menyampaikan bahwa Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Victoria Simanungkalit mengungkapkan pusat pembelanjaan Sarinah yang menjadi ikon bersejarah Jakarta harus melakukan renovasi dan perubahan strategi bisnis. “Sarinah akan memfokuskan menjadi showroom atau etalase produk UMKM,” kata Victoria.

Hal itu, lanjutnya, untuk mendukung sepenuhnya produk lokal agar dapat mendapatkan kesemapatan bersaing dengan produk luar negeri. “Kalau terkait produk UKM, kami selalu mendukung pengembangan daya saing produk UKM agar diterima pasar global,” ujar Victoria.

Niat merenovasi gedung yang dibangun pada 1963 itu juga terlihat dari pesan media sosial Menteri Erick.

’Saya berkunjung ke Sarinah. Selain mencari beberapa barang untuk isi kantor, saya ingin melihat langsung proses bisnis dan juga kondisi Sarinah saat ini. Ternyata memang banyak hal yang harus dibenahi. Pembaruan perlu dilakukan untuk dapat tetap bersaing, na mun dengan tidak meninggal kan nilai sejarah dari Sarinah itu sendiri,’ bunyi caption Menteri Erick Thohir.

Sarinah diresmikan pada 1967 oleh Presiden Soekarno. Kala itu Presiden Soekarno mengamanatkan Sarinah harus menjadi pusat perdagangan dan promosi barang produksi dalam negeri, khususnya hasil pertanian dan perindustrian rakyat.

“Dari Mbok Sarinah, saya mendapat pelajaran mencintai orang kecil. Ia orang kecil, tapi jiwanya selalu besar. Sarinah adalah satu nama biasa, tetapi Sarinah yang ini bukanlah wanita biasa. Dia orang yang paling besar pengaruhnya dalam hidupku,” kata Soekarno dalam bukunya yang bertajuk Sarinah Kewajiban Wanita dalam Perdjoeangan Repoeblik Indonesia.

“Nanti Sarinah itu akan kita jadikan pusat daripada UMKM ini,” dikutip dari situs kantor berita Antara yang tayang pada Jumat (20/12/2019)

Dalam video tersebut, Erick berencana melakukan perombakan besar-besaran pada Sarinah. Pertama, Erick berencana merenovasi bangunan Sarinah baik di dalam maupun sisi luar gedung.

“Hasil bicara-bicara ini (Sarinah) masih ada potensinya, apalagi nanti banyak turis yang mau ke Jakarta. Memang ini sudah sejak tahun 1963, memang harus ada renovasi. Nah ini yang akan kita ubah, tidak hanya di dalam tapi di secara gedungnya juga renovasi,” ujar Menteri Erick.

 Sekanjutnya Menteri Erick punya obsesi produk yang dijual Sarinah juga bertambah kualitas dan kuantitasnya.

Salah satunya dengan melakukan kurasi terhadap produk UMKM.

“Tapi itu sebenarnya hanya hardware, kan yang penting softwarenya. Softwarenya apa?

Produk-produk di dalamnya, harus ada upgrade. Ini yang kita mau selain tadi produk dalam negeri, ada juga UKM yang dikurator. Artinya, dipilih yang sangat bagus semua,” katanya.

Salah satu yang akan dibuat Erick juga adalah pusat kuliner lokal.

Dia ingin pengunjung Sarinah bisa mencicip kuliner hingga kopi nusantara.

“Lalu juga ada pusat makanan yang baik. Jadi orang bisa coba ambil kopi buatan Indonesia makanan buatan Indonesia. Yang penting tadi bisa jadi pusat transaksi, tidak individu,” pesan Menteri Erick.

Selanjutnya, Sarinah akan melayani dua transaksi.

Bukan cuma transaksi barang yang sedikit, tapi Sarinah juga terima pembeli grosiran.

Dia mengatakan bisa saja ada turis yang mau membeli barang banyak.

“Lalu di sini kita bikin ada dua transaksi. Transaksi individu juga ada transaksi grosir. Bisa aja kan ada pembeli luar negeri mau beli banyak. Itu yang akan kita sinergikan,” sebutnya.

Berikutnya pesan Menteri Erick mau menjadikan Sarinah duty free alias tanpa pajak.

Pihak pun siap berkomunikasi dengan Menteri Keuangan.

“Dan kita juga meng-apply ke Bu Sri Mulyani untuk duty free. Karena kalau kita lihat di Jakarta tidak ada duty free di tengah kota, di Bali ada. Di Jakarta boleh, saya kira bu Sri Mulyani juga dukung,” tergas Menteri Erick.

Terakhir, untuk melengkapi semua rencana besarnya, Erick juga bakal melakukan perbaikan manajemen Sarinah.

“Karena itu saya ingin manajemen Sarinah saya upgrade,” tutup Menteri Erick.

Ilustrasi gambar visual Instagram@mcdsarinah176.

View this post on Instagram

#staysafe #tetapsemangat

A post shared by McDonald’s Sarinah Thamrin (@mcdsarinah176) on

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )