Air Terjun Tansaran Bidin Aceh Dinobatkan sebagai Surga Tersembunyi

PariwisataIndonesia.id – Dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah selain sebagai salah satu daerah penghasil biji kopi terbesar di Aceh, ternyata juga memiliki panorama alam nan indah dan alami. Salah satunya air terjun Tansaran Bidin.

Objek wisata alam Tansaran Bidin terletak di antara belahan pegunungan Desa Tansaran Bidin, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah.

Objek wisata alam Tansaran Bidin memang tidak terkenal dan diketahui banyak orang, karena selain berada di tengah- tengah hutan belantara dan perbukitan terjal, wisata ini juga memakan jarak tempuh jauh dan ekstrem.

Selain itu, pengunjung harus berjalan kaki melaui jalur setapak dengan melewati perkebunan warga kurang lebih 900 meter untuk mencapai lokasi. Karena belum ada akses memadai.

Saat tiba dilokasi air terjun, pengunjung akan dibuat kagum oleh fenomena air terjun yang mengucur deras dari atas tebing. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter, sehingga akan terdengar dengan kerasnya suara gemuruh air yang jatuh mengenai bebatuan. Suara gemericik air seolah akan menghilangkan seluruh rasa lelah dari perjalanan panjang untuk menuju air terjun ini.

Air di tempat ini memang sangat dingin dan segar, wisatawan bisa langsung meminum air tersebut sekedar untuk mengobati dahaga usai melakukan perjalanan yang melelahkan. Bebetuan kali yang dapat ditemui disekitar air terjun juga menjadi hiasan alami, sehingga menambah keindahan dari Air Terjun Tansaran Bidin.

Dibawah Air Terjun Tansaran Bidin juga terdapat sungai yang memiliki aliran cukup deras. Wisatawan bisa mandi, berenang atau merasakan sensasi berdiri tepat dibawah air terjun dan menikmati setiap air yang jatuh. Namun dihimbau agar pengunjung tetap berhati-hati, karena pada tahun 2016 ada sepasang calon pengantin yang meninggal akibat terpeleset ketika melakukan foto prewedding.

Tansaran Bidin dijuluki surga tersembunyi oleh masyarakat. Untuk air terjun yang satu ini kini tak lagi hanya sebatas ucapan oleh orang-orang yang takjub akan keindahan panorama alamnya setelah pernah berkunjung langsung ke sana.

Kementerian Pariwisata RI benar-benar menobatkan air terjun Tansaran Bidin sebagai peraih award Anugerah Pesona Indonesia 2019 untuk katagori Surga Tersembunyi Terpopuler.

Tak tanggung-tanggung air terjun Tansaran Bidin meraih juara satu untuk katagori tersebut menyisihkan objek wisata tersembunyi Pulau Mursala di Kabupaten Tapanuli Tengah sebagai juara kedua, dan objek wisata Gulamo di Kabupaten Kampar sebagai juara ketiga.

Penghargaan tersebut langsung diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bener Meriah Haili Yoga dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI di Jakarta, Jumat malam (22/11/19).

Sementara Bupati Bener Meriah Sarkawi di Redelong menyebut penghargaan itu adalah anugerah untuk masyarakat Bener Meriah.

Sarkawi berharap dengan memenangkan penghargaan tersebut pariwisata di daerah itu kedepannya akan dapat lebih dikenal luas.

Menurutnya sektor pariwisata memang menjadi target pembangunan Bener Meriah saat ini dengan terus melakukan upaya pembenahan yang diperlukan.

Untuk ditahap awal kata Sarkawi pemerintah setempat lebih memfokuskan pada upaya pertumbuhan destinasi, sehingga kedepannya akan banyak yang bisa dijual untuk menarik minat kunjungan wisatawan ke daerah itu.

“Kami berharap dengan Anugerah Pesona Indonesia tahun ini kita bisa mendorong pertumbuhan ini. Pembenahan destinasi, nanti ketika destinasi-destinasi ini telah tumbuh, maka kita berharap akan bisa berpromosi agar dikunjungi oleh masyarakat luar untuk tahun-tahun yang akan datang,” tutur Sarkawi.

Kini objek wisata air terjun Tansaran Bidin harus bersiap untuk menerima lebih banyak kunjungan wisatawan setelah menyandang predikat sebagai surga tersembunyi terpopuler di Indonesia.

Dengan meraih penghargaan di ajang bergengsi tingkat nasional itu otomatis nama Tansaran Bidin tak lagi tersembunyi untuk luput dari agenda kunjungan para traveler tanah air yang terus memburu tempat-tempat wisata indah nan asri di seluruh pelosok negeri tercinta ini.

Jadi bagi anda para pecinta wisata alam sejati, tunggu apalagi. Ayo berkunjung ke air terjun Tansaran Bidin di Kabupaten Bener Meriah.