Destinasi Wisata Sejarah Keraton Kanoman Cirebon

PariwisataIndonesia.id – Destinasi Wisata Sejarah Keraton Kanoman Cirebon sangat cocok untuk dikunjungi pada liburan akhir pekan bersama keluarga, sahabat maupun pasangan tercinta.

Ada banyak cara menghabiskan waktu pada akhir pekan salah satunya dengan berlibur melakukan perjalanan ke tempat favorit atau rekreasi ke destinasi wisata yang belum pernah dijajaki.

Dipaparkan oleh Karawang Post, sejarah Keraton Kanoman Cirebon adalah salah satu wisata yang memiliki nilai sejarah serta Instagramable. Jadi sangat direkomendasikan untuk dikunjungi pada perjalanan libur akhir pekan kali ini.

Tempat wisata satu ini sangat cocok buat kamu yang mencari pengetahuan salah satu sejarah budaya bangsa yang sarat dengan nilai luhur.

Tempat wisata Sejarah Keraton Kanoman Cirebon adalah wisata sejarah yang populer, karena merupakan salah satu tempat bersejarah yang ada di Kota cirebon dan juga bagian dari Kesultanan Cirebon.

Wisata Sejarah Keraton Kanoman Cirebon bangunannya memiliki nilai-nilai filosofis dengan beberapa pintu masuk bangunan yang memiliki nama dan fungsinya masing-masing dengan makna dan filosofis yang mendalam.

Hal tersebut menjadikan daya tarik khusus bagi para wisatawan yang bila berkunjung ke tempat ini karena masih bisa bertemu langsung dengan keturunan Raja.

Keraton Kanoman Cirebon memiliki daya tarik ketika memasuki gerbang masuk utama keraton kita sudah dapat melihat megahnya gapura yang berdiri kokoh serta sarat akan makna dan budaya.

Setelah berada di dalam keraton kita akan disuguhkan dengan adanya beberapa pintu orang Cirebon sendiri biasa menyebutnya lawang.

Penamaan pintu-pintu tersebut memiliki makna dan filosofi tersendiri yang berbeda, nama dari pintu-pintu tersebut adalah:

Lawang Syahadat
Lawang Kiblat
Lawang Siblawong
Lawang Kejaksan

Nah sudah tahu kan namanya, Lawang atau pintu-pintu tersebut memiliki arti dan maksud tersendiri, dan merupakan pintu masuk ke dalam sebuah area.

Ketika berada di lingkungan Keraton Kanoman Cirebon ini kamu bisa merasakan betapa megahnya dan kayanya kebudayaan nenek moyang kita.

Yang banyak menarik para wisatawan menuju Keraton Kasepuhan Cirebon karena terdapat sebuah museum atau tempat khusus penyimpanan barang-barang pusaka bersejarah serta memiliki nilai sakral.

Daya tarik lainnya adalah terdapatnya 7 buah sumur yang dipercaya memiliki keutamaan dan fungsi sesuai dengan keinginan masing-masing.

Sumur-sumur tersebut berada di Kebon Jimat, yakni sebuah tempat sakral dan privasi keluarga Keraton.

Bahkan ada juga dari ketujuh sumur tersebut yang ada berada di dalam keraton yang hanya bisa dilihat pada hari-hari tertentu saja.

Lokasi Keraton Kanoman Cirebon berada di belakang Pasar Kanoman Cirebon, alamat lengkapnya Jalan Kanoman, Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Para wisatawan atau pengunjung bisa datang mengunjungi Keraton Kanoman Cirebon setiap hari pada jam operasional, buka pukul pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Harga tiket masuk Keraton Kanoman Cirebon sangat murah hanya dengan Rp10.000 per orang kita sudah dapat masuk area wisata ini untuk menikmati keindahan ornamen bangunan bersejarah.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor disini tersedia fasilitas parkir yang cukup luas juga tersedia sarana ibadah.

Suasana di tempat ini cukup nyaman dengan adanya berbagai fasilitas umum untuk para wisatawan dengan keluarga, serta dilengkapi dengan suasana sejuk dari rindangnya pepohonan disekitarnya.

Nah, sangat menarik bukan Destinasi Wisata sejarah Keraton Kanoman Cirebon, selain memiliki keindahan tersembunyi juga sangat rekomendasi untuk dikunjungi.