Kampung Kauman Pusat Batik Tertua di Solo

PariwisataIndonesia.ID – Kota Solo memiliki daya tarik yang khas sebagai kota tujuan wisata di Jawa Tengah Indonesia. Antara lain, sebuah kampung bernama Kauman yang berisi aset-aset warisan yang diakui dunia, yaitu batik.

Di Kampung Batik Kauman, tak jauh dari Pasar Klewer, ini terdapat produksi batik tulis, batik cap, dan batik kombinasi (tulis dan cap) khas Solo. Kampung ini terletak di Kauman, Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah.

Kauman dijadikan kampung wisata batik di Solo sejak 2006 lalu. Sebagai kampung wisata, kampung ini juga menyediakan berbagai tempat yang dapat dikunjungi wisatawan, meliputi: rumah batik, showroom batik, tempat pelatihan batik, penelitian dan pengembangan produk batik, serta museum koleksi batik.

Kampung Batik Kauman juga menjadi pusat batik tertua di Kota Solo, Salah satu alasannya dikarenakan di kampung ini ditemukan batik jlamprang yang motifnya merupakan perpaduan antara batik arab dengan india dan batik encim yang motifnya terpengaruh budaya China. Selain itu masyarakat kampung kauman banyak berkecimpung dalam dunia batik terutama membuat batik dari awal tahun 1900-an tahun hingga kini.

menurut sejarah Kampung Batik Kauman dulunya adalah pemukiman kaum abdi dalem Keraton Kasunanan dengan mempertahankan tradisi dengan cara membatik.

Di Kampung Batik Kauman ada Masjid Jami Kauman yang dibangun sejak tahun 1852 dan rumah-rumah kuno di Kampung Batik Kauman.

Selain itu Kampung Batik Kauman termasuk sejumlah bangunan kawasan cagar budaya yang diusulkan kota Pekalongan pada UNESCO menjadi bagian kota Pusaka Dunia yang terdiri dari kawasan Jetayu, Pecinan, Kampung Arab, dan Kampung Batik Kauman (Republika,2015).

Dibandingkan dengan Laweyan, Batik Kauman lebih menampilkan motif batik klasik yang didasarkan pada pakem atau standar keraton.

Bisa dikatakan motif batik Kauman lebih merepresentasikan motif batik yang dikenakan di Keraton Kasunanan.

Terdapat lebih dari 30 industri batik di Kampung Batik Kauman sehingga Anda memiliki banyak pilihan untuk membeli batik Solo di tempat ini.

Keunikan yang ditawarkan di Kampung Batik Kauman adalah pengunjung dan penjual batik bisa berinteraksi dan bertransaksi langsung dengan mengunjungi rumah industri batik mereka dan melihat proses produksi batik serta belajar membatik. Harganya, mulai dari puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

Selain batik, kampung wisata ini juga didukung berbagai toko seperti toko busana Muslim, toko kerajinan tangan, dan toko buku.

Jika Anda tertarik berkeliling ke Kampung Batik Kauman sebaiknya Anda berjalan kaki atau naik becak karena akses jalan di kampung ini berupa gang-gang sempit.

Dengan berjalan kaki Anda bisa menikmati bangunan tua dengan gaya arsitektur Jawa-Belanda, rumah joglo dan limasan. Untuk menjangkau lokasi Kampung Batik Kauman tersedia berbagai sarana transportasi, termasuk ojek, becak, dan taksi.