5 Hidangan khas Makassar

Cita Rasa yang Menggugah Selera
Pariwisata Indonesia
Foto: makassar.transstudiomall.com

PariwisataIndonesia.id – Selain pesona indah dari destinasi wisata yang ada di Kota Makasar, Sulawesi Selatan. Kota ini juga memiliki wisata kuliner yang khas selain Coto Makassar. Buat Sobat Pariwisata yang ingin berkunjung ke kota ini, mesti cobain wisata kulinernya, berikut ini:

1. Sop Konro
Berbahan dasar iga atau daging sapi yang direbus dengan kayu manis hingga empuk membuat Sop Konro menjadi salah satu primadona kuliner Makassar. Masakan berkuah satu ini paling cocok dimakan dengan ketupat.

Pariwisata Indonesia
Foto: indonesia.go.id

2. Konro Bakar
Variasi lain dari pengolahan iga khas Makassar. Iga sapi dibakar di atas bara api dan dilumuri dengan saus kacang yang gurih serta diolah dengan kaldu. Semakin menambah kelezatan kuliner ini.

3. Pallubasa
Diolah dari daging sapi dengan kuah rempah yang kental. Pallubasa diambil dari bahasa Makassar yaitu Pallu artinya makanan dan Basa berarti basah. Jadi, Pallubasa adalah makanan basah atau berkuah. Pallubasa disajikan dengan nasi hangat dan tambahan kuning telur ayam kampung.

4. Ayam Palleko
Dalam bahasa Bugis berarti memasak ayam dalam panci. Bagi penyuka makanan pedas, pasti doyan Gaaees! Hidangan ini terkenal karena cita rasa yang pedas dengan pengolahan ayam yang dipotong kecil-kecil agar bumbunya semakin meresap.


5. Kapurung
Makanan ini berbahan dasar sagu yang dilarutkan dalam air panas hingga mengental lalu kemudian dibentuk bulat-bulat kecil seukuran bakso yang disajikan dengan kuah berbumbu kacang dan campuran sayur serta daging ikan.