Kunjungi Tiga Masjid Bersejarah di Aceh Jadi Wisata Religi di Bumi Serambi Mekkah

Pariwisata Indonesia
Masjid Raya Baiturahman, Banda Aceh

PariwisataIndonesia.ID – Aceh yang terdapat di provinsi paling barat Indonesia memiliki beragam tempat wisata menarik. Lantaran dijuluki sebagai Serambi Mekkah, maka artikel kali ini ingin menyuguhkan rekomendasi wisata religi bernuansa Islam.

Sebab, bila menilik sejarahnya, Aceh merupakan tempat pertama masuknya dakwah Islam ke Indonesia.

Oleh karena itu, sangatlah wajar bila banyak menyisakan peninggalan Islam di provinsi ini, dan tak lengkap rasanya bila sudah menginjakkan kaki di Tanah Rencong untuk tak mengunjunginya.

Berikut rangkumannya!

1. Masjid Raya Baiturahman, Banda Aceh

Masjid Raya Baiturahman merupakan masjid yang terletak di pusat kota Banda Aceh. Provinsi Aceh. Masjid ini merupakan simbol agama, budaya, semangat, perjuangan dan nasionalisme rakyat Aceh.

Masjid ini merupakan ikon bumi Serambi Mekkah. Saat gempa dan tsunami yang telah meluluh lantakkan Aceh, masjid ini menjadi salah satu yang selamat dan berdiri kokoh hingga sekarang.

2. Masjid Baiturahim, Banda Aceh

Masjid ini merupakan salah satu masjid yang berada di Kecamatan Meuraksa, Kota Banda Aceh. Aceh, yang saat gempa tsunami 2004 silam, masjid ini menjadi saksi dahsyatnya terjangan air bah kala itu loh!

Sementara itu, Masjid Baiturahim merupakan sisa bangunan bersejarah dari zaman Sultan Aceh pada abad ketujuh belas yang masih berdiri megah nan indah di Bumi Serambi Mekkah.

Bersambung ke halaman berikutnya
3. Masjid Babussalam, Sabang

× Hubungi kami