Tari Lanan Belek, Bengkulu

Memiliki sejarah dan cerita tersendiri
Pariwisata Indonesia
foto: old.sumber.com

PariwisataIndonesia.id – Indonesia terkenal dengan negara yang memiliki beragam kebudayaan, dimana kebudayaan tersebut tersebar di seluruh daerah dengan ciri khas masing-masing. Selain lagu daerah, baju adat, rumah adat, adat dan tradisi, serta tarian yang juga mencerminkan identitas bangsa.

Kesenian tari sendiri terdapat beberapa jenis tari berdasarkan koreografinya, diantaranya tarian tunggal, berpasangan, kelompok, dan tari kolosal. Jenis tari tersebut dapat diidentifikasi berdasarkan jumlah penari. Fungsi tari juga terkadang berbeda, seperti sebagai sarana hiburan, acara budaya, dan berfungsi sebagai bentuk ibadah juga ada.

Sebagai contoh, salah satunya dari Provinsi Bengkulu yang memiliki tarian khas tersendiri. Tarian tersebut berasal dari peninggalan budaya orang-orang terdahulu atau tari yang diciptakan oleh masyarakat dan akhirnya menjadi identitas daerah. Fungsi tarian yaitu sebagai sarana hiburan, penyambutan, dan sebagai bagian dari upacara adat.

Tarian Lanan Belek
Tarian Lanan Belek, foto: gpswisataindonesia.info

Tarian ini adalah salah satu aset budaya yang masih dilestarikan. Agar budaya tidak hilang, maka masyarakat wajib untuk melestarikan warisan tersebut. Di provinsi Bengkulu ini terdapat salah satu tarian yang perlu sobat ketahui yakni Tari Lanan Belek.

Tarian ini memiliki sejarah seperti kisah Jaka Tarub. Cerita rakyat yang menceritakan seorang bidadari kehilangan selendang. Ternyata selendang tersebut dicuri oleh seorang pemuda yang kemudian menjadi suaminya. Setelah selendang ditemukan, bidadari tersebut kembali kekhayangan dan meninggalkan suaminya.

Begitulah alur gerakan dari tari Lanan Balek. Layaknya sebuah cerita rakyat yang disampaikan melalui gerakan dengan diiringi musik.

Gerak yang mengikuti irama tidak hanya memiliki nilai estetika, tetapi juga terdapat maksud yang ingin disampaikan. Gerakan yang diciptakan sedemikian rupa agar dapat dinikmati dan tersampaikan pesan dari tujuan tarian tersebut, serta dapat menghibur yang menyaksikannya.