3 Destinasi Wisata Pekanbaru Terbaik untuk Kaum Backpacker

Pariwisata Indonesia, Air Terjun Batang Kapas
Air Terjun Batang Kapas di Kabupaten Kampar, Riau

Pulau Sumatra merupakan pulau terbesar ketiga di Indonesia yang menyimpan potensi pariwisata yang juga besar. Salah satunya bisa kamu telusuri dengan backpacking ke Pekanbaru. Ibukota di Provinsi Riau ini memiliki banyak potensi wisata yang cukup beragam.

Tentunya ada beragam tempat wisata recommended untuk tujuan traveling ataupun backpacking kamu selanjutnya. Berikut rekomendasi destinasi tempat wisata di Pekanbaru yang bisa dilengkapi sebagai tempat liburan.

1. Air Terjun Batu Tilam

Lokasi wisata Pekanbaru ala backpacker pertama adalah Air Terjun Batu Tilam. Air terjun dengan ketinggian mencapai ratusan meter ini terbilang unik. Selain lokasinya yang dikelilingi gua berbatu-batu, objek wisata di Pekanbaru ini memiliki dasar yang berupa batu.

Untuk menuju objek wisata di Pekanbaru ini, kamu bisa berkendari sejauh 71 kilometer ke arah Lipat Kain dari Pekanbaru. Perjalanan ini bisa memakan waktu dua jam. Sampai di Desa Lipat Kain, kamu harus melanjutkan perjalanan ke Desa Gema sejauh 27 Kilometer.

2. Air Terjun Batang Kapas

Wisata Pekanbaru dengan konsep adventure selanjutnya adalah Air Terjun Batang Kapas. Tidak hanya menikmati keindahan air terjun, di destinasi wisata di Pekanbaru yang belum lama ditemukan ini kamu juga bisa berolahraga ekstrem seperti memanjat tebing, mendaki bebatuan cadas dan juga berkemah.

Tujuan wisata di Pekanbaru ini berada di deretan Bukit Barisan. Tepatnya berada di Kabupaten Kampar yang terkenal dengan julukan negeri seribu air terjun. Jika berencana ke lokasi ini, dari Pekanbaru tujuannya adalah ke Desa Lipat Kain.

3. Air Terjun Ombun Barangin

Lokasi wisata Pekanbaru satu ini merupakan andalan Desa Pangkalan Indaruang, Kecamatan Singingi. Di desa yang dikelilingi perbukitan ini, terdapat dua air terjun yang terkenal yakni: Air Terjun Ombun Barangin da Air Terjun Sikonda.

Untuk mencapai kedua objek wisata alam di Pekanbaru tersebut, kamu harus menyusuri sungai menggunakan perahu tradisional selama 30 menit sampai ke salah satu dari dua air terjun tersebut. Namun, sepanjang perjalanan menuju air terjun kamu dijamin bakal berdecak kagum melihat pemandangan sekitar. (Rizki)