3 Rekomendasi Tempat Wisata di Bengkulu yang Menarik Dikunjungi

Pariwisata-Indonesia-Foto-Benteng Marlborough
Benteng Marlborough (Foto: Media PI/DOk. Crisco 1492)

Bengkulu menjadi salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sumatra. Meski bukan termasuk salah satu kota besar di Indonesia. Namun di Bengkulu, wisatawan bisa menemukan banyak sekali tempat-tempat yang memiliki keunikan dan keindahannya tersendiri.

Daerah ini dahulunya juga merupakan koloni Inggris selama lebih 140 tahun. Sehingga banyak destinasi wisata di Bengkulu yang memiliki sejarah dan merupakan peninggalan jaman kolonial Inggris. Berikut tempat wisata yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Pantai Panjang

Sebagai salah satu wilayah pesisir, maka tak heran jika wisatawan akan menemukan banyak pantai di Bengkulu. Tempat wisata di Bengkulu ini adalah salah satu destinasi wisata pantai yang paling populer di kota ini. Beragam tempat wisata pantai ini pun tidak kalah dengan di wilayah lain.

Sesuai namanya, Pantai Panjang Bengkulu merupakan salah satu pantai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai hingga 7 km. Banyak kegiatan yang bisa wisatawan lakukan di pantai ini, mulai dari bersepeda sembari menikmati udara sejuk, hingga bermain air laut di tepi pantai.

2. Benteng Marlborough

Benteng Marlboriugh merupakan situs bersejarah peninggalan Inggris. Destinasi wisata di Bengkulu ini sangat cocok dikunjungi bagi wisatawan yang senang berwisata sejarah sekaligus berburu foto. Sebab di benteng ini wisatawan bisa menemukan banyak spot foto yang menarik.

Tempat wisata historis di Bengkulu ini menyimpan banyak cerita, Dahulunya, benteng ini adalah salah satu benteng paling tangguh yang dimiliki Inggris di belahan bumi timur. Saking tangguhnya, benteng ini tidak hancur sama sekali setelah terguncang oleh gempa bumi Enggano berskala 7,9 richter dan dihantam tsunami.

3. Museum rumah Bung Karno

Seperti yang diketahui, Presiden RI Ir Soekarno pernah diasingkan di kota Bengkulu pada masa kolonial Belanda. Bahkan selama pengasingan ini, Bung Karno bertemu dengan pujuan hatinya, ibu Fatmawati. Rumah kediaman Bung Karno ini kini menjadi tempat bersejarah.

Bila wisatawan mengunjungi kota Bengkulu, tempat kediaman ini telah dijadikan objek wisata museum. Di objek wisata Bengkulu ini wisatawan bisa melihat berbagai benda peninggalan Soekarno dan keluarganya selama di Bengkulu, mulai dari foto-foto lawas, hingga ranjang besi milik Soekarno dan keluarganya. (Rizki)