3 Tempat Wisata Alam yang Menarik dan Paling Populer di Bengkulu

Pariwisata-Indonesia-Foto-Bukit-Kaba
Wisata Alam di Bukit Kaba, Bengkulu (Foto: Media PI/Dok. Instagram @_aditiasentanu)

Bengkulu merupakan bagian dari Indonesia yang bisa dibanggakan. Pasalnya bumi Rafflesia ini memiliki kontur alam mengagumkan. Tak hanya pantainya tetapi juga air terjun, bukit, hingga, pegunungannya yang memberikan panorama yang indah.

Tentunya tempat-tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi para wisatawan yang datang ke Bengkulu. Apalagi beberapa tempat wisata ini tidak bisa ditemukan di wilayah lain. Berikut beberapa wisata alam yang dikumpulkan dari berbagai sumber:

1. Air Terjun Batu Layang

Pernah melihat tiga air terjun mengaliri satu sungai? Bila belum pernah, wisatawan bisa mengunjungi Air Terjun Batu Layang. Tinggi air terjun ini sekitar 60-70 meter dengan debit cukup deras. Sementara lebarnya mencapai 40 meter.

Ketiga air terjun jatuh ke sungai yang kedalamannya sekitar 0,5 – 2 meter. Aliran sungai ini tidak terlalu deras sehingga aman untuk berenang. Bila beruntung, wisatawan bisa melihat kawanan monyet ekor panjang di sekitar area sungai.

2. Wisata Alam Bukit Kaba

Wisata Alam Bukit Kaba cocok untuk wisatawan yang menyukai tantangan. Pasalnya, objek rekreasi alam ini hanya bisa diakses dengan berjalan kaki. Itu pun wisatawan harus menaiki 307 anak tangga untuk sampai ke puncak Bukit Kaba

Tiba di puncak, wisatawan akan disungguhi panorama perbukitan dan delapan kawah gunung berapi. Uniknya, kawah-kawan tersebut tertutup oleh vegetasi hijau sehingga tampak asri dari kejauhan. Bila ingin berkunjung wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai lokasi.

3. Wisata Mangrove Pulau Baai

Mangrove Pulau Baai adalah salah satu hutan bakau yang dilestarikan di Provinsi Bengkulu. Kawasan seluas 247,61 hektare ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 2017 lalu. Meski terbilang baru beroperasi, mangrove tersebut sudah menjadi objek wisata alam terpopuler di Bengkulu.

Salah satu hal yang membuat Mangrove Pulau Baai populer adalah perahu wisatanya. Hanya dengan membayar Rp10.000 per orang, wisatawan bisa mengelilingi tempat ini. Selama menyusuri perairan, wisatawan dapat menemukan beberapa hewan langka, seperti elang tiram. (Rizki)