Air Terjun Tama’lulua di Sulawesi Selatan, Berat Bikin Rindu!

PariwisataIndonesia.id – Sobat Pariwisata Indonesia, negeri ini memiliki air terjun yang bertebaran dari Sabang hingga Merauke. Beraneka air terjun terhampar manjakan pencinta wisata air. Dan pesona air terjun suguhkan wisata yang mengagumkan dan memiliki sensasi tersendiri. Sobat, yuk eksplore air terjun Tama’lulua yang terletak di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Simak ulasannya berikut ini!
Air Terjun Tama'lulua, Pariwisata Sulawesi Selatan, Air Terjun Favorit di Indonesia, Pariwisata Indonesia, pariwisataindonesia, Media PVK, Founder & CEO PVK Umi Kalsum, Umi Kalsum, Beautiful Indonesia, Air Terjun Mengagumkan dan Eksotik di Jenoponto
Foto: PariwisataIndonesia.id

PariwisataIndonesia.id – Sobat Pariwisata Indonesia, negeri ini memiliki air terjun yang bertebaran dari Sabang hingga Merauke. Beraneka air terjun terhampar manjakan pencinta wisata air. Dan pesona air terjun suguhkan wisata yang mengagumkan dan memiliki sensasi tersendiri.

Sobat, yuk eksplore air terjun Tama’lulua yang terletak di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Let’s go!

Air Terjun Tama’lulua memukau dan istimewa. Lanscape alam di sekitar air terjun eksotis, dan dahsyat. Dikelilingi bukit-bukit dan pepohonan nan hijau. Ditambah kawasan hutan liar lagi lebat.

Surga yang hijau sepanjang mata memandang, mengelilingi air terjun Tama’lulua bikin takjub. Keindahan alam air terjun luar biasa dijamin Sobat Pariwisata berdecak kagum.

Apa arti dan makna dari nama ‘Air Terjun Tama’lulua?Mau tahu aja(MTA) atau mau tahu banget(MTB)?  Ini arti air terjun Tama’lulua: Hempasan air yang terbawa angin dan membuat Sobat Pariwisata kebasahan.

Cantik, eksotik, tak bisa berkata-kata untuk melukiskan indahnya air terjun dengan paduan ketinggian tebing menjulang. Sensasinya klimaks, pecah. Jika bertatapan, beradu pandang jatuh air dari ketinggian, percikan air membasahi dan desiran bunyi-bunyian khas air terjun. OMG!

Trip ke air terjun Tama’lulua, jika berawal dari kota Makassar, Sobat Pariwisata harus ke kota Jeneponto terlebih dulu. Estimasi perjalanan 3 jam, memakai rute dari Kabupaten Gowa-Takalar-Jeneponto.

Jika Sobat Pariwisata menemukan patung kuda besar, pertanda rutenya sesuai. Dan posisi Sobat saat itu, berada di Kota Jeneponto. Sobat, silakan lanjutkan lagi perjalanan. Belok ke kiri dulu dan masuk ke Jalan Kelara.

Membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari Jalan Kelara untuk sampai ke Desa Rumbia. Tralala… Dari jalan poros Desa Rumbia, sebentar lagi Sobat Pariwisata sampai ke lokasi air terjun.

Cuma 5 menit menuju tempat parkiran. Nah, dari tempat parkiran ini, Sobat Pariwisata semangat yaa!

Sobat harus trekking lagi, perjalanan kurang lebih 1 jam untuk sampai ke air terjun Tama’lulua. Hehehe…

Selain keindahan air terjun Tama’lulua, Sobat Pariwisata juga akan menikmati keseruan Goa Bossolo, lokasinya tak jauh dari lokasi air terjun.

Saat menuju ke air terjun, Sobat Pariwisata mohon ekstra hati-hati. Dan pastikan memakai alas kaki khusus untuk trekking. Medan dan kondisinya terjal mendaki. Jangan kaget, jika menemukan jalur trekking kemiringan 45 derajat. Tahan, dan bersabar. Butuhkan fisik yang prima menyusuri trekking penuh tantangan ini.

Begitu sampai di lokasi, rasa nano-nano tadi terbayarkan. Sobat terninabobo dengan pemandangan air terjun yang sangat indah ini. Rimbunnya pepohonan yang menyelimuti air terjun, menambah kesejukan dan keindahan panorama alam disini.

Air terjun ini merupakan salah satu air terjun teristimewa yang terletak di Jeneponto. Dikenal juga dengan nama Air Terjun Bossolo. Air terjun Tama’lulua, wisata andalan Pemerintah Desa(Pemdes) Ramba.

Jika Sobat Pariwisata tak ingin repot-repot mendaki dan menguras tenaga, bisa langsung menuju gazebo di Bukit Bossolo. Ini adalah fasilitas yang disediakan Pemdes untuk manjakan wisatawan menikmati air terjun.

Sobat Pariwisata juga bisa menikmati keindahan air terjun Tama’lulua dari lokasi yang makin dekat. Dimanapun Sobat Pariwisata pilihan lokasinya, tetap waspada dan berhati-hati. Terlebih jika hari sedang turun hujan. Air terjun ini, surga untuk cekrekcekrek. Banyak lokasi untuk spot-spot instagramable.

Sobat Pariwisata jangan bersikeras, keselamatan adalah prioritas utama. Berbahaya, jika Sobat ngotot dan terus mendekati tebing-tebing yang curam. Bijak-bijaklah dalam cekrecekrek, jika lupa diri, Sobat Pariwisata terbawa menaiki tebing untuk mendapatkan angle yang maksimal. Pikir pikir dahulu pendapatan, sesal kemudian tidak berguna? Air terjun Tama’lulua di Sulawesi Selatan, ngangenin dan bikin rindu! (Nilla Andrini/Kusmanto).