Danau atau Laut?

Pesona Danau Laut Tawar dari Bumi Serambi Mekah
Pariwisata Indonesia
Foto: acehportal.com

PariwisataIndonesia.id – Nangro Aceh Darussalam tidak hanya terkenal dengan keindahan pantainya. Jauh di ketinggian daratan, satu mutiara luas membentang menjadi kebanggaan provinsi dengan julukan Serambi Mekah ini. mutiara itu bernama Danau Laut Tawar.

Pariwisata Indonesia
Foto: yopiefranz,com

Danau Laut Tawar merupakan danau dengan luas sekitar 5.472 hektar. Luasnya yang menyerupai laut, membuat masyarakat lokal menyebutnya danau laut. Sementara penambahan nama tawar menjadi penegas bahwa rasa air di danau tersebut tetaplah tawar.

Danau Laut Tawar merupakan muara dari 25 aliran sungai yang mengalir. Berada di ketinggian 1.500 meter, membuat suhu di sekitar danau sangat sejuk. Gunung dan bukit yang mengelilingi danau ditambah kabut tipis yang memayungi menghadirkan suasana yang menenangkan diri dari lelah dan penat.

Baca juga :  Pulau Rubiah, Surga Buat Pecinta Diving

Bagi masyarakat sekitar, Danau Laut Tawar adalah salah satu sumber kehidupan. Airnya yang melimpah menjadi sumber irigasi utama bagi persawahan dan perkebunan para petani. Selain itu, danau ini juga merupakan surga bagi banyak ikan, salah satunya adalah ikan depik, ikan endemic Danau Air Tawar. Pada bulan-bulan tertentu, misalnya Agustus, nelayan bahkan bisa memperoleh hingga 300 kg dalam sekali jaring.

Selain sebagai sumber mata pencaharian, Danau Laut Tawar juga memiliki potensi pariwisata. Berkeliling danau dengan perahu sewaan dapat menjadi salah satu alternatif untuk menikmati keindahan danau ini. nelayan yang memandu akan mengajak Sobat Pariwisata mengunjungi titik-titik indah di sekitar danau.

Memancing hingga hunting foto bisa Sobat Pariwisata lakukan di sini. Selain itu, para pecinta alam juga bisa memilih aktivitas berkemah. Menghangatkan diri di depan api unggun dinaungi taburan bintang di langit luas, menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Bermain air di pinggir danau pun bisa menjadi pilihan aktivitas. Ombak-ombak kecil yang menyapu tepi pantai dipadu dengan angin sepoi-sepoi, akan menemani aktivitas bersantai. Pengunjung juga bisa berenang di tepian pantai. Namun, tidak di bagian tengahnya. Kedalaman danau hingga 50 meter menjadi salah satu pertimbangan, terutama bagi perenang yang belum berpengalaman.

Aktivitas lain yang juga tidak boleh Sobat Pariwisata lewatkan saat berkunjung ke danau ini yaitu menikmati matahari terbenam, ditemani dengan secangkir Kopi Gayo yang merupakan salah satu kopi terbaik di dunia.

Kawasan Danau Air Tawar juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang, seperti toilet, mushola, area parkir, hingga penginapan. Sobat Pariwisata juga bisa menikmati berbagai kuliner khas Aceh di warung-warung makan yang banyak terdapat di sekitar kawasan.

Danau Laut Tawar atau yang juga dikenal dengan Danau Lut Tawar, berlokasi di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Untuk mencapainya, Sobat Pariwisata hanya membutuhkan perjalanan selama 30 menit dari Kota Takengon, Aceh Tengah atau 3 jam dari Medan dengan menggunakan kereta. Saat sedang berada di Aceh Tengah, jangan lupa mampir ke danau laut ini, ya Sobat Pariwisata!(Nita)