Pulau Rubiah, Surga Buat Pecinta Diving

PULAU RUBIAH, PULAU WEH, PARIWISATA INDONESIA

Sobat Pariwisata pecinta diving dan snorkeling, sudah kunjungi Pulau Rubiah? Pulau ini bagian dari kota Sabang, Pulau Weh, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam ini, terkenal dengan spot diving dan snorkelingnya yang cantik dan eksotik. Tidak heran jika pulau tak berpenghuni jadi salah satu destinasi wisatawan tidak cuma domestik, tapi wisatawan luar negeri, seperti Asia, Eropa, dan Amerika pun hadir. Berlibur disini!

Video IG dari Instagram@monicatatalova.

Pulau Rubiah terkenal akan kekayaan bawah lautnya, yang bernama Taman Laut Rubiah (Sea Garden of Rubiah). Taman ini disebut-sebut sebagai surganya para penyelam. Air laut di sekitar Pulau Rubiah sangat jernih. Bahkan, Sobat Pariwisata bisa melihat pemandangan kerajaan bawah laut dengan kedalaman hingga 15 meter.

Sobat Pariwisata bisa menyaksikan sekumpulan ikan laut yang berenang di sela-sela terumbu karang. Ada ikan bendera, ikan Kepe-Kepe, ikan Botana Biru, ikan Sersan, ikan Kerapu, ikan Mayor, ikan Putri Bali, dan sebagainya. Selain itu juga terdapat berbagai biota laut seperti bintang laut, kerang, bunga lili laut, cumi-cumi dan berbagai terumbu karang aneka warna dari yang keras hingga yang empuk.

Video IG menampilkan indahnya surga bawah laut saat lakukan diving di Pulau Rubiah dari postingan di instagram ruslian_kota_sabang.

Ngomong-ngomong, Sobat Pariwisata tahu nggak kenapa dinamakan Pulau Rubiah? Ternyata ada sejarahnya, loh. Menurut cerita, pada satu masa ada seorang pasangan suami istri yang tinggal di Pulau Ibooh. Sang suami yang bernama Tengku Ibrahim atau Tengku Iboih, adalah ulama yang mengajarkan agama dan mengaji dari satu pulau ke pulau lain. 

Pada satu waktu, saat sang suami sedang berada di Pulau Weh, Rubiah pun menyusul. Terjadi percekcokan antara keduanya, yang membuat Rubiah pindah ke pulau di seberang Pulai Iboih. Ia menetap di sana hingga ajal menjemput. Inilah asal-usul penamaan Pulau Rubiah. Maka, selain taman laut yang indah, Sobat Pariwisata bisa menemukan makam Rubiah di Pulau Rubiah.  

Pulau Rubiah bukan cuma jadi tempat wisata. Pada masa kejayaan Kerajaan Aceh, pulau seluas 26 hektar ini menjadi  tempat transit calon jamaah haji. Lalu, saat masa perang dunia, Pulau Rubiah juga menjadi benteng pertahanan. Sobat Pariwisata masih bisa menemukan puing-puing benteng di sini. Wah, selain wisata bahari, kita juga bisa menikmati wisata sejarah di Pulau Rubiah. Liburan lengkap dalam satu paket. Sik asik deh!

Meskipun tidak berpenghuni, Sobat Pariwisata tidak perlu takut kelaparan, tersedia banyak pilihan warung yang menjual makanan dan minuman. Selain itu, 350 meter dari Pulau Rubiah juga terdapat Pantai Iboih banyak penginapan. Di sini pun banyak penyewaan peralatan snorkeling dan kamera underwater. Lengkap banget, bukan?

Satu layar video penutup dari channel youtube The Travelling Divers, jangan lupa untuk subscribe.

Untuk menuju ke Pulau Rubiah, Sobat Pariwisata bisa sewa kapal atau perahu yang lokasinya berada di tepi Pantai Iboih. Tunggu apa lagi, let’s go! (Nita/Kusmanto)