Arsik Ikan Mas

Gurih dan Lezatnya bikin Nagih!
Pariwisata Indonesia
Foto: batakpedia.org

PariwisataIndonesia.id – Sobat Pariwisata, Mengintip kuliner dari berbagai daerah di Indonesia memang menyenangkan, dan tentu menambah wawasan kita tentang kuliner nusantara. Berikut ini kami akan intip kuliner khas dari Provinsi Sumatera Utara, yang selain terkenal dengan keindahan Danau Toba nya, provinsi yang ber ibukota di Medan ini juga memiliki beragam kuliner yang tak kalah terkenal akan kelezatannya dan layak untuk diremondasikan sebagai kuliner favorit.

Yang pasti terdapat banyak menu kuliner khas di Sumatera Utara yang bisa sobat jelajahi, akan keunikan rasanya satu per satu. Nah salah satunya yang terkenal akan kenikmatan dan kelezatanya adalah Arsik Ikan Mas ini.

Arsik ikan mas,medan
Arsik ikan mas, foto: indonesia.go.id

Arsik Ikan Mas ini adalah menu tradisional dari wilayah Tapanuli yang dikenal dengan sebutan arsik. Menu ini menyajikan cita rasa unik yang menggoda, karena menggunakan bumbu dan rempah pilihan khas Sumatera Utara. Selain bumbu kuning, arsik juga dilengkapi dengan asam cikala atau buah kecombrang dan andaliman sehingga aromanya semakin sedap dan menggoda selera untuk segera melahapnya.

arsik ikan mas
arsik ikan mas, foto: hitabatak.com

Biasanya menu ini menggunakan ikan mas sebagai bahan utamanya, namun begitu bisa saja diganti dengan jenis ikan lainnya lhoo. Menariknya lagi, dalam proses memasak arsik ini sisik ikan mas bisa dibersihan ataupun tidak, itu sesuai selera kamu yaa!

Ikan yang sudah dibalur dengan bumbu kuning kemudian bagian perutnya diisi dengan kacang panjang dan bawang Batak plus bumbu yang tersisa. Selanjutnya ikan mas bisa dimasak dengan api sedang sampai matang dan mengering. Menu ini sangat cocok disantap bersama sepiring nasi yang pulen dan hangat. Gimana sobat Pariwisata? Penasaran ingin mencobanya kan!