Desa Kertarahayu Bekasi, Menikmati Kesejukan di Tengah Hiruk Pikuk Kota Metropolitan

PariwisataIndonesia.id – Masyarakat Bekasi kini memilki desa wisata sebagai penyejuk dari aktivitas hiruk pikuk kota yang begitu melelahkan. Desa Kertarahayu, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kini telah telah ditetapkan sebagai desa wisata.

Desa wisata yang mulai dikembangkan pada 2021 itu menerapkan praktik pengembangan pariwisata berbasis masyarakat dengan konsep ekowisata. Memiliki konsep ekowisata dengan memanfaatkan potensi kelestarian dan keasrian kondisi lingkungan Desa Kertarahayu sebagai daya tarik wisata bagi para pengunjung.

Kepala Desa Kertarahayu Rudi Catur Pribadi mengatakan konsep Desa Wisata Kertarahayu dikembangkan dengan pariwisata desa yang berbasis kelestarian lingkungan dan kearifan lokal.Sehingga wisatawan yang hadir tidak hanya menikmati suasana asri dari desa ini tetapi juga melihat kebudayaan masyarakat setempat.

“Lingkungan alam yang masih hijau dan udara yang sejuk serta rumah-rumah masyarakat setempat yang masih bersifat tradisional dan menunjukkan karakteristik daerah dan kearifan lokal diharapkan dapat menjadi daya tarik tersendiri,” kata Rudi, dalam keterangannya, pada Senin (24/1/2022).

Dia mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan perhatian yang dilakukan oleh Dirjen Bina Pemdes Kemendagri dalam mendukung pengembangan Desa Wisata ini. Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Yusharto Huntoyungo, didampingi Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Desa Chaerul Dwi Sapta melaksanakan kunjungan kerja di pada pada hari Sabtu (22/1/2022).

Kunjungan kerja ini dilaksanakan dalam rangka peninjauan langsung terkait pengembangan Desa Wisata yang dilaksanakan di Desa tersebut. Yusharto meninjau secara langsung pengembangan pelaksanaan Desa Wisata Kertarahayu.

“Mudah-mudahan ke depannya, dapat ditingkatkan atraksi-atraksi wisata dan munculnya produk UMKM masyarakat setempat yang dapat menjadi komoditas ekonomi pada Desa Wisata ini,” kata Yusharto.