Eksotisme Pantai Tanjung Siambang Dompak

Nuansa cantik deretan pohon kelapa yang tumbuh tinggi di sepanjang pantai

PariwisataIndonesia.id – Namanya Pantai Tanjung Siambang Dompak, pantai yang berada di Pusat Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang. Karena lokasinya yang strategis tepat berada di tengah kota, tak heran eksotisme pemandangan Pantai Tanjung Siambang ini selalu menggoda dan membuat wisatawan ramai mengunjunginya, terutama di sore hari.

Pariwisata Indonesia

Pengunjung yang datang ke pantai ini akan dimanjakan dengan pasir putihnya yang membentang berpadu dengan nuansa cantik deretan pohon kelapa yang tumbuh tinggi di sepanjang pantai. Hadirnya pohon nyiur melambai ini menciptakan angin sepoi-sepoi yang membelai pengunjung yang bersantai di sepanjang pantai. Sambil menikmati udara pantai serta desahan air laut, wisatawan pun terlena dengan sajian keindahan Pantai Tanjung Siambang ini.

Keunikan tersendiri yaitu saat air surut. Puluhan anak akan berlari gembira, mencari dan menemukan berbagai habitat penghuni pantai, seperti kepiting, kerang, ikan-ikan dan lainnya. Sangat asyik menyimak keluguan anak-anak ini saat mencari buruannya. Bagi penggemar fotography, angle seperti ini sangat asyik di foto.

Begitu juga saat senja menampakkan diri. Menjadi moment yang sangat menakjubkan dan luar biasa memukau. Sinar senja tampak membelah laut yang membentang luas, diiringi ombak yang mulai bergemuruh karena lautpun mulai pasang. Ada satu tempat yang sangat pas untuk menikmati moment-moment tenggelamnya sang surya.

Bagi Sobat Pariwisata yang suka berswafoto saat matahari terbenam atau sunset, dapat menikmati area jembatan yang sengaja dibuat dengan panjang sekitar 70 meter mengarah ke laut ini. Dan biasanya, area jembatan ini sangat ramai saat matahari akan terbenam, karena penampakan tenggelamnya sang surya akan terekam sangat cantik.

Pantai Tanjung Siambang juga dikenal sebagai Pantai Sri Arjana. Pantai yang memiliki aroma yang begitu segar ini, dikelilingi pepohonan yang tumbuh begitu subur, sehingga, meskipun cuaca panas sedang berlangsung akan tetap terasa sejuk. Dari pohon dakau, pohon ketapang, pohon pinus, dan pohon kelapa bisa ditemui disekitar pantai.

Dengan air laut yang jernih dan pasir putihnya yang mengasyikkan, mengundang wisatawan untuk larut bermain air di sekitarnya. Yah, apalagi halusnya pasir berwarna putih ini menambah kenyamanan selama bermain di pantai.

Sebenarnya, Pantai Tanjung Siambang dari sudut ukuran pantai memang tidak begitu besar, dibanding pantai-pantai lainnya yang ada di Kepulauan Riau ini. Namun, pesona Pantai Tanjung Siambang tak bisa dipungkiri lagi, siapapun langsung jatuh hati dan ingin mengunjunginya.

Akses menuju lokasi Pantai Tanjung Siambang Dompak tidak begitu sulit. Pantai ini berlokasi di Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, dimana pulau ini sudah dirancang sebagai pusat pemerintahan. Pantai ini tepat berada di belakang kantor Gubernur Kepri, tidak jauh dari kantor baru Satpol-PP. Jika dari pusat kota hanya butuh waktu 20 menit menuju kawasan tersebut.

Pariwisata Indonesia

Selain itu juga banyak rumah-rumah khas pantai yang berada disekeliling pantai yang menambah kesan alami. Begitu pula dengan pondok-pondok yang berada di bibir pantai akan menambah kenyamanan selama sobat berkunjung. Bahkan, nuansa pondok-pondok ini sangat indah untuk spot foto.

Selain itu, juga tersedia toilet untuk membersihkan badan setelah bermain air laut. Sehingga pengunjung akan merasa nyaman untuk kembali ke rumah dalam keadaan bersih. Juga terdapat pelabuhan untuk nelayan, lebih dikenal dengan pelabuhan rakyat. Begitu banyak spot yang instagramable, yang memanjakan sobat dalam dunia photo.

Dan yang pasti, akan banyak kesan yang mendalam, saat sobat pariwisata tergoda dengan situasi dan pemandangan alam Pantai Tanjung Siambang Dompak ini! (Niel/IndonesiaTraveler.id)

Artikel ini sudah tayang di laman www.indonesiatraveler.id, denga judul: Pemandangan Yang Menggoda di Pantai Tanjung Siambang Dompak, link:  https://indonesiatraveler.id/pemandangan-yang-menggoda-di-pantai-tanjung-siambang-dompak/