Pesona Air Terjun Tujuh Tingkat

Destinasi Wisata Alam Sumatra Selatan nan Memanjakan
Pariwisata Indonesia
foto: twitter.com

PariwisataIndonesia.id – Lahat adalah sebuah kabupaten yang dijuluki Seganti Setungguan di Sumatra Selatan ini kaya akan pesona wisata alam. Terdapat banyak destinasi wisata  air terjun di kota ini lhoo. Salah satunya yang menawan perhatian adalah Curup Buluh atau Air Terjun 7 Tingkat.

Curup Buluh ini berlokasi di Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatra Selatan, sekitar 36 kilometer atau sekitar 1 jam perjalanan ke arah barat daya pusat Kota Lahat.

Pariwisata Indonesia
foto: semangat45.co

Sesuai dengan namanya, Curup dalam bahasa daerah Lahat artinya air terjun. Sementara, buluh bisa diartikan sebagai bambu, sepanjang mata memandang sobat bisa menemui lebatnya pepohonan bambu. Pegangan tangga dalam perjalanan ke lokasi air terjun ini pun juga terbuat dari bambu.

Untuk mempermudah wisatawan berkunjung menikmati pesona Air Terjun 7 Tingkat, Pemerintah Kabupaten Lahat telah membuka akses jalan dari Desa Lubuk Selo menuju ke area parkir terakhir, sebelum perjalanan secara tracking ke lokasi yang berada di lembah.

Menuju tempat air terjun yang indah ini tidak mudah lhoo, sobat harus berjalan kaki menuruni bukit tanah yang licin apalagi saat musim hujan. Namun, jangan khawatir, trek menuju air terjun sudah dilengkapi dengan petunjuk dan tangga sederhana dari kayu dan batu, sehingga dapat meminimalisasi risiko terpeleset saat menuruni lembah.

Meskipun perjalanannya cukup melelahkan, setibanya di bibir Air Terjun 7 Tingkat ini, lelah akibat menuruni lembah akan sirna dan terbayar lunas. Sebab, 7 Levels Waterfalls ini memang indah dan memesona.

Tinggi air terjun ini kurang lebih 40 meter, lumayan tinggi, ini membuat air tumpah dengan derasnya. Yang unik lagi, ada undakan-undakan, bila dihitung memang benar sesuai bilangan 7 tingkat yang dilalui derasnya air.

Bagi para penggemar kegiatan alam bebas, berkemah, berwisata menuruni lembah, dan suka kawasan hijau, amat cocok untuk berkunjung ke Curup Buluh. Saking terkenalnya air terjun ini, sering dipakai syuting acara-acara televisi lhoo, Sobat Pariwisata!

Ditambah lagi, suasananya yang hening, tenang, adem, dan hanya terdengar gesekan bambu dan gelora air deras, seperti instrumentalia yang menenangkan pikiran, bikin segar deh pokoknya !

Disarankan untuk membawa bekal seperti air minum dan makanan, karena di lokasi air terjun, belum begitu banyak pedagang yang menyediakan jajanan. Sesampainya di lokasi, bekal makanan bisa dibuka dan dimakan sambil memandangi indahnya Air Terjun Tujuh Tingkat ini. Sobat Pariwisata, Obyek wisata alam kebanggaan warga masyarakat Lahat ini biasanya ramai oleh para pengunjung pada hari Sabtu dan Minggu.