Libur Natal? Coba Pilih Kota ini!

Foto: barondaambon.weebly.com

Libur natal sudah tiba nih! Semua orang sudah bersiap untuk menyambut hari kelahiran Sang Juru Selamat. Merasakan kehangatan bersama kekuarga hingga bercengkrama dengan sanak saudara yang jauh.

Meski sebagian orang memilih untuk tetap tinggal di rumah, namun tidak sedikit yang tetap merencanakan liburan natalnya tahun ini di tengah pandemi.

Buat kamu yang masuk ke dalam golongan nekat liburan, pariwisataindonesia.id sudah siapkan rekomendasi destinasi buat kamu liburan Natal nih.

1. Jakarta

Foto: matanaga.com

Mendapat predikat kota dengan jumlah kasus tertinggi, Jakarta memegang seperempat jumlah kasus dari keseluruhan kasus Covid-19 yang terkonfirmasi.

Buat kamu yang ada di Jakarta, jangan ke mana-mana dulu ya, jangan pergi ke luar kota agar kamu dan orang lain merasa aman.

Namun, kamu tetap bisa merasakan kemeriahan natal tahun ini kok. Kamu bisa menyaksikan kemeriahan natal dalam acara Rabo-rabo di Kampung Tugu, Cilingcing, Jakarta Utara atau sering disebut sebagai Kampung Portugis.

Rabo-rabo sendiri merupakan tradisi peninggalan Portugis, di mana nantinya kita akan beramai-ramai bertandang ke rumah-rumah tetangga dengan di iringi musik. Tuan rumah yang di sambangi harus ikut berjoget mengikuti alunan musik. Pelaksanaan rabo-rabo tentu saja disesuaikan dengan protokol kesehatan yang berlaku saat ini ya.

2. Ambon

Foto: barondaambon.weebly.com

Ambon memang sudah lama dikenal dengan kota yang kental dengan wisata religinya. Buat kamu yang mau mengunjungi Ambon, nantinya kamu bisa menikmati kemeriahan malam natal dan tahun baru yang berbeda dari biasanya.

Ambon memiliki cara sendiri untuk menyambut hari raya yang satu ini. Nantinya masyarakat akan disuguhkan dengan pertunjukan kembang api serta adanya momen apik dari gereja-gereja di sana.

Malam natal di Ambon biasanya disambut meriah oleh gereja-gereja dengan cara membunyikan sirine dan membunyikan lonceng secara serentak. Bayangkan kemeriahannya malam itu, seluruh kota dipenuhi dengan dentingan lonceng dari gereja di tiap sudut kota.

3. Flores

Foto: bintaplus.com

Kota yang satu ini tidak asing lagi dengan suasana hangat malam natalnya. Namun, kali ini bukan tepat di Kota Flores yang kita ulas, namun agak bergeser sedikit yaitu Ruteng dan Larantuka.

Siapa yang bakal menampik Ruteng dengan sebutannya yaitu Kota Seribu Gereja. Kamu bisa merasakan hangat dan romantisnya malam natal di Ruteng, karena gereja-gereja akan menerangi sekeliling gereja dengan lampu obor dari bambu, mirip malam likuran/selikur saat bulan Ramadhan.

Kemudian ada Vatikan dari Indonesia, apa lagi kalau bukan Larantuka. Malam natal di Larantuka akan terasa syahdu kamu rasakan karena nantinya masyarakat akan berdoa beramai-ramai di lapangan terbuka sambil menyalakan lilin. Setelah misa malam natal, biasanya masyarakat akan merenung dan membuat harapan untuk satu tahun ke depan.