Manfaat Ajak Keluarga Wisata di TN Way Kambas Tak Sekedar Tunggangi Gajah

umi kalsum founder dan ceo media pvk group,GAJAH SUMATERA,INDONESIA OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIA'S OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIAN TOURISM WEBSITE,MANFAAT AJAK KELUARGA WISATA DI TN WAY KAMBAS TAK SEKEDAR TUNGGANGI GAJAH,MEDIA PVK GROUP,MEDIA PVK GROUP DENGAN 10 SITUS PARIWISATA DAN E MAGAZINE,MEDIA RESMI PARIWISATA INDONESIA,PARIWISATA INDONESIA,TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS,WEBSITE RESMI PARIWISATA INDONESIA,WISATA ALAM LAMPUNG
Taman Nasional Way Kambas

PariwisataIndonesia.id – Maraknya perburuan gading gajah, baik untuk koleksi maupun dijual lagi di pasar ilegal sudah tentu menjadi ancaman bagi kepunahan binatang yang bertelinga besar dan memiliki belalai panjang.

Dalam laman resmi Taman Nasional Way Kambas (TNWK), selain disebutkan sebagai hewan yang kuat, gajah termasuk mamalia besar yang hidup di alam liar, juga tergolong sebagai salah satu hewan yang pintar, loh!

TNWK termasuk kawasan cagar alam tertua di Indonesia dan sudah berdiri sejak zaman pemerintahan Belanda, tepatnya tahun 1936. Untuk itu, wajib Sobat Pariwisata kunjungi saat berada di Provinsi Lampung.

Menelisik sejarahnya, kawasan tersebut diresmikan oleh pemerintah pada tahun 1989, dan ditetapkan sebagai Taman Nasional Way Kambas.

Tempat konservasi ini untuk melindungi flora dan fauna yang merupakan harta karun tak ternilai. Anugerah terindah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Di area taman nasional tersebut, juga terdapat sekolah gajah pertama di Indonesia, dan sudah terkenal hingga ke mancanegara, serta sudah ratusan gajah disumbangkan ke kebun-kebun binatang terutama yang ada di Tanah Air.

Di sini, gajah-gajah liar dilatih supaya jinak dan berkeliaran bebas di TNWK. Di pagi hari, para pawang akan memandikan gajah-gajah.

Setelahnya, melepaskan gajah jinak tersebut ke alam liar seluas 125.000 hektar. Di sore hari, gajah-gajah jinak tersebut digiring kembali ke area konservasi untuk menghindari mereka tersesat dan merusak pemukiman warga.

TNWK juga memiliki fasilitas rumah sakit gajah dan satu-satunya di Indonesia. Bahkan, digadang-gadang, rumah sakit gajah pertama di Asia, loh! Hebat, bukan?

Di rumah sakit inilah kesehatan gajah-gajah rutin dilakukan pemeriksaan, seperti mulut, gigi sampai ke warna kotorannya. Berikutnya, hewan sebesar ini, selain dijinakkan juga dilatih untuk atraksi.

Jangan heran, mendapatkan gajah dapat menghibur para pengunjung, seperti bermain sepak bola, mengalungkan bunga, jabat tangan, hingga atraksi “berenang”.

umi kalsum founder dan ceo media pvk group,GAJAH SUMATERA,INDONESIA OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIA'S OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIAN TOURISM WEBSITE,MANFAAT AJAK KELUARGA WISATA DI TN WAY KAMBAS TAK SEKEDAR TUNGGANGI GAJAH,MEDIA PVK GROUP,MEDIA PVK GROUP DENGAN 10 SITUS PARIWISATA DAN E MAGAZINE,MEDIA RESMI PARIWISATA INDONESIA,PARIWISATA INDONESIA,TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS,WEBSITE RESMI PARIWISATA INDONESIA,WISATA ALAM LAMPUNG
Taman Nasional Way Kambas adalah tempat konservasi untuk melindungi flora dan fauna yang merupakan harta karun tak ternilai. Anugerah Tuhan kepada Indonesia.

Meskipun kawasan tersebut identik dengan gajah sumatera, ternyata di taman nasional ini juga terdapat sejumlah fauna langka lainnya, antara lain harimau sumatera, beruang madu, badak Sumatera, rusa sambas, kucing emas, kijang, hingga tapir. Semuanya dilindungi agar terhindar dari ancaman kepunahan.

Oh ya, Sob! Untuk bisa memasuki kawasan tersebut, setiap pengunjung dipungut biaya sebesar 7.000 rupiah dan dibuka setiap hari mulai dari pukul 08.00-18.00 wib.

Liburan ke Way Kambas semula, bak “membawa cangkir kosong” isi di kepala kita. Sepulang dari tempat itu, berlimpah ruah pengalaman yang sarat ilmu.

Way Kambas bukan saja distigma sebuah hutan atau taman nasional semata, karena dari tempat tersebut, satwa lain pun bisa hidup berdampingan dengan sangat romantisnya.

Di tambah lagi, keramahan penduduknya dan kehangatan masyarakat saat menyambut wisatawan. Akhirnya, menjadikan wisata kita ke ke TNWK seperti hidup yang singkat ini semakin bermakna.

Menyuguhkan paket yang lengkap, yaitu pembelajaran bagi siapa pun yang mau belajar. Sudah tentu, menambah motivasi hidup menjadi lebih berkualitas.

“Hidup hanyalah sekali, Kita tidak pernah tahu kapan Tuhan akan memanggil untuk kembali padaNya.”

Untuk menemukan motto hidup agar selama hayat dikandung badan tidak sia-sia, bisa diperoleh dengan banyak cara, salah satunya menimba ilmu dan liburan bersama alam dari kawasan konservasi tersebut.

Di kawasan itu pula, kita belajar tentang interaksi sosial, nilai dan falsafah hidup, kesenian dan budaya, serta adaptasi makhluk hidup di ekosistem hutan Way Kambas.

Berwisata ke TNWK mendapatkan pengalaman baru yang tidak habis untuk diceritakan. Tertarik ke Taman Nasional Way Kambas, Sob? (Nita/Soet/Eh)

Selanjutnya >>>  Wisata ke Tn Way Kambas, Iqbal Himawan: Stop Tunggangi Gajah; Gajah Mati Meninggalkan Gading…


Lokasi: Kabupaten Lampung Timur, Lampung.
Telepon: (0725) 44220
Website: waykambas.org
Pintu masuk: Way Bungur, Plang Ijo/Way Kanan
Kegiatan: Pengamatan satwa liar, Menyusur sungai, Atraksi gajah, Penangkaran badak