Mantai Yuk! Serasa Jadi Laskar Pelangi

formasi batu granit raksasanya yang seolah menjadi benteng di tepian pantai membuat pantai ini menjasi eksotis terutama di sore hari
Foto: Limakaki.com

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai terkenal saat film laskar pelangi tayang di layar lebar. Mata penonton tertuju pada adegan di mana ‘laskar pelangi’ duduk di atas batu-batu granit sambil menatap laut lepas.

Wisata di Kepulauan Bangka Belitung, Pariwisata Indonesia
Foto: Essenceofindonesia.wordpress.com

Itu merupakan ikon khas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Batu granit tersebut terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Pantai Tanjung Tinggi terkenal dengan formasi batu granit raksasanya yang seolah menjadi benteng di tepian pantai. Menurut Badan Geopark Pulau Belitong, batu granit tersebut merupakan batu pada zaman purba yang pada prosesnya terdorong ke luar dari dalam tanah. Dipercaya tinggi batu granit tersebut sudah terkikis sebagian akibat angin dan air hujan. Berjarak sekitar 10 km dari bandara, kamu bisa pergi ke sini menggunakan taxi bandara atau agen travel yang tersedia.

Wisatawan di Pantai Tanjung Tinggi bisa menikmati terumbu kadang di tepian pantai dengan melakukan snorkling atau skin diving. Jika kamu tidak menyiapkan peralatan untuk itu, kamu bisa menyewa peralatan seperti pelampung dan kacamata renang hanya dengan harga 10.000 sampai 20.000 rupiah. Untuk masuk ke sini kamu tidak dikenakan tiket masuk, hanya biaya parkir kendaraan saja.

Foto: Limakaki.com

Jika kamu lelah menelusuri sela-sela batu granit raksasa dan sudah puas melihat-lihat keelokan alam bawah lautnya. Kamu bisa mencoba menu masakan khas Pulau Belitong yang tersedia di warung-warung makan di pinggir pantai. Kamu bisa mencoba mulai dari ikan pais, gangan laut, sampak menu-menu seafood biasa seperti cumi goreng tepung, ikan bakar, udang asam manis, dll.