Mendaki Bukit Jamur Benkayang

Menikmati Negeri Dongeng ala Mahameru

Memandangi arak-arakan awan dari atas pesawat? Itu sih sudah biasa. Melihatnya dari atas bukit atau gunung? Ini yang dicari. Sensasi yang dirasakan pasti jauh berbeda. Pemandangan ini bisa Sobat Pariwisata dapatkan di atas Gunung Mahameru. Tapi, selain Mahameru, Sobat Pariwisata bisa menikmati pemandangan ini di Pulau Kalimantan.

Bukit Penjamur, demikian nama bukit yang berada di Kalimantan Barat ini. Jika Mahameru memiliki ketinggian hingga 3.676 mdpl, maka bukit ini hanya memiliki ketinggian 500 mdpl. Meskipun jauh lebih rendah dari Mahameru, Bukit Penjamur juga menawarkan keindahan alam yang hampir sama, terutama pemandangan ‘Negeri di Atas Awan’ khas Mahameru.

Pariwisata Indonesia

Bukit yang oleh penduduk setempat juga dikenal dengan Gunung Batu ini, terletak di Kelurahan Bumi Emas Jaku Malunu, Kabupaten Benkayang, Kalimantan Barat. Sekitar 160 kilometer dari Kota Pontianak. Meskipun bernama Bukit Jamur, tapi Sobat Pariwisata sulit bahkan tidak bisa menemukan jamur di sini. Menurut cerita, jamur disini berasal dari kata jemur, dimana dulunya bukit ini dijadikan tempat untuk menjemur hasil panen para penduduk.

Karena keindahannya yang mulai dikenal banyak orang, bukit ini pun mulai ramai pengunjung. Jika Sobat Pariwisata pergi ke sini dengan kendaraan bermotor, tidak perlu khawatir tentang tempat parkir. Penduduk setempat dengan senang hati menawarkan halaman rumah mereka untuk jadi tempat parkir sementara.

Pariwisata Indonesia

Perjalanan menuju puncak Bukit Jamur harus ditempuh dengan melewati padang rumput dan hutan rimba dengan trek menanjak. Karena tidak terlalu tinggi, hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam untuk sampai di puncaknya. Jalan setapak yang telah dibuat oleh warga pun akan memudahkan perjalanan Sobat Pariwisata.

Lelah yang dirasa saat menempuh perjalanan mendaki akan terbayar dengan pemandangan mempesona di puncak bukit ini. Dari atas puncak ini, Sobat Pariwisata akan melihat gunung-gunung yang berbaris di seberang lembah, sawah-sawah yang menghampar hijau, serta pemandangan utama lautan awan bak berada di negeri dongeng.

Pariwisata Indonesia

Biasanya, para pendaki akan memilih waktu sore hari untuk menuju puncak Bukit Jamur. Mereka akan mendirikan tenda dan menghabiskan malam di bukit ini. Memandangi bintang-bintang yang bertebaran di langit, ditemani oleh udara sejuk dan alunan musik dari gitar atau serangga malam. Di pagi harinya, pemandangan matahari terbit akan membuat pengalaman pendakian makin sempurna.

Karena medannya yang tidak terlalu sulit, serta puncak yang tidak terlalu tinggi, bukit ini sangat cocok bagi para pendaki pemula yang juga ingin menikmati keindahan Negeri di Atas Awan ala Mahameru.

Penasaran dengan Bukit Jamur ini? Jika Sobat Pariwisata berlibur ke Kalimantan Barat, sempatkan waktu ke sini, ya!(RPI/Nita)