Panorama Pantai Suwuk Kebumen

sumber foto: explorewisata.com

Pariwisata Indonesia- Hai Gaaees!

Negeri tercinta Indonesia ini, selalu memiliki daya tarik bagi wisatawan domestic ataupun internasional, karena kesuburan alam dan bentangan laut nya yang luas maka gak heran jika Indonesia banyak memiliki surga dunia. Sebagai salah satu contoh surga dunia yang ada di Indonesia terletak di Kabupaten Kebumen. Kabupaten ini banyak memiliki surga dunia atau tempat wisata yang menarik untuk dikunjugi dan dieksplor, salah satu wisata alamnya yang menawarkan pemandangan cantik dan menarik untuk kamu kunjungi adalah ke Pantai Suwuk.

pantai suwuk
sumber foto: i.pinimg.com

Pantai Suwuk merupakan sebuah pantai yang terletak di Dusun Suwuk, Desa Tambakmulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Untuk menuju ke lokasi pantai ini, banyak jalur alternatif yang dapat kamu lalui. Pantai ini terletak 22 kilometer sebelah selatan Kota Gombong dan dapat ditempuh sekitar 45 menit. Kemudian terletak sekitar 35 kilometer sebelah barat daya Kota Karanganyar, dan dapat ditempuh lebih dari 1 Jam.

Tepatnya lagi terletak 50 kilometer dari pusat Kabupaten Kebumen, maka dibutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk menuju Pantai Suwuk ini. Bagi kamu yang berasal dari arah timur yang kebetulan sedang melintasi jalan Daendels dari arah timur seperti Daerah Istimewa Yogyakarta maupun dari arah barat atau Kabupaten Cilacap dapat langsung lurus menuju Pantai Suwuk.

pantai suwuk
sumber foto: atmosferku.com

Wisata di Pantai Suwuk ini pada dasarnya tidak berbeda dengan wisata-wisata pantai yang ada di Kabupaten Kebumen. Pemandangan pegunungan di sisi barat dengan tiga bukit menjulang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Pantai Karangbolong. Jika mengunjungi pantai ini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan padang pasir hitam pantai yang luas disertai, tanaman pandan, cemara udang dan rerumputan.

Padang pasir tersebut dapat digunakan pula untuk wisata offroad. Selain itu pemandangan Muara Sungai Telomoyo disebelah barat bisa digunakan untuk memancing. Tak hanya itu di muara tersebut juga disediakan perahu wisata, bagi kamu yang ingin menyelusuri panorama sepanjang sungai dari hilir ke hulu. Selain itu bibir pantai di pantai ini juga curam dengan kemiringan sekira 35 derajat jadi sedikit berbahaya. Serta pengunjung juga dihimbau untuk tidak berenang karena pantai ini memiliki ombak yang cukup ganas bahkan lebih besar dari ombak di Pantai Parangtritis, Yogyakarta lhoo!