Pesona Tirai Air Terjun Tumpak Sewu [Bacaan 17+]

Sobat Pariwisata nikmati kemegahan Air Terjun Tumpak Sewu yang tiada tara. Air jernih jatuh dari ketinggian, tebing kokoh yang diselimuti lumut hijau, gema suara percikan air genit dan memikat hati, tak bisa lagi berkata-kata. Maha Besar Allah dan Sungguh Indah Indonesia. Jangan lupa, simpan energi dan tenaga untuk perjalanan pulang, Sobat Pariwisata harus menempuh jalan dengan trek yang sama untuk kembali ke parkiran. Penasaran dengan air terjun tirai ini?
Pariwisata Indonesia,Tari Piring,Tarian nusantara,Tarian tradisional,Tarian tradisional Indonesia,Baju adat Indonesia,Baju adat nusantara,Bajau adat tradisional Indonesia,Pakaian adat,Busana adat,Rumah adat nusantara,Rumah adat Indonesia,Rekomendasi pusat jajanan nusantara,Rekomendasi wisata terbaik,Lokasi terbagus buat kuliner,Destinasi lokal,Olahraga Indonesia,Musik tradisional,Musik nusantara,Alat musik tradisional,Pariwisata lampung,Pariwisata dki Jakarta,Pariwisata Betawi,Pariwisata,Palembang,Pariwisata jawa barat,Pariwisata bandung,Pariwisata jawa tengah,Pariwisata sumatera utara,Pariwisata sumatera barat,Pariwisata sumatera selatan,Pariwisata jawa timur,Pariwisata Kalimantan timur,Pariwisata Kalimantan selatan,Pariwisata Kalimantan barat,Pariwisata Sulawesi,Pariwisata nusa tenggara barat,Pariwisata nusa tenggara timur,Beautiful Indonesia,Pariwisata di Indonesia,Kuliner Indonesia,Kuliner nusantara,Pariwisata lokal,Pariwisata nasional,Pariwisata Indonesia,Indonesia indah,Indonesia cantik,Warta pariwisata,Berita pariwisata,Artikel pariwisata,Destinasi Indonesia,Budaya Indonesia,Budaya dan sejarah Indonesia, Bika Panggang Padang, makanan tradisional padang, camilan khas sumatera barat, menu makanan basah khas padang, alat musik tiup padang, alat musik tradisional minangkabau, tradisional sumatera barat, padang, minangkabau, saluang, sulliang, seruling padang, seruling minang, pariwisata indonesia, pariwisata nasional, pariwisata padang, pariwisata alat musik, media pvk, umi kalasum, bika panggang, bika panggang minang,tarian padang, tarian minangkabau, tarian tradisional padang, wisata virtual, ariel noah, Tokopedia, beli produk barang sendiri, majukan pariwisata, desa wisata, kota wisata, wisata halu, grup band noah, ariel peterpan, ariel ganteng, ariel tampan, ariel musik noah, pariwisata vr, destinasi virtual, Air Terjun Tumpak Sewu, wisata lumajang,wisata jawa timur, wisata jawa tengah, destinasi terbaik di indonesia, Air Terjun Tumpak Sewu,Wisata Alama,Wisata Air Terjun,Air Terjun di Lumajang,Wisata Jawa Timur,Pariwisata Indonesia,Info Wisata Alam

Artikel berkode ‘R(Restricted)’ Terbatas. Redaksi perlu mengingatkan, anak-anak berusia di bawah 17 tahun membutuhkan pendampingan orangtua, orang dewasa saat membaca. Tulisan mengandung konten dewasa seperti aktivitas orang dewasa, bahasa, fotografi, grafis dan video, maupun sejenisnya. Peruntukan usia pembaca dewasa.

PariwisataIndonesia.id – Air Terjun Tumpak Sewu terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, sekitar 52 kilometer dari pusat Kota Lumajang.

Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 120 meter ini termasuk tipe air tejun tiered karena memiliki formasi melebar seperti tirai. Formasi uniknya ini yang membuat Tumpak Sewu menjadi salah satu air terjun terindah di Pulau Jawa bahkan Indonesia.

Air terjun ini berasal dari kata tumpak (tumpuk) dan sewu (seribu), yang jika diartikan berarti seribu air terjun yang menumpuk di dinding. Aliran air yang berasal dari banyak mata air, membuat air terjun ini tampak seperti tirai yang menyelimuti dinding tebing. Air terjun ini sangat mempesona saat dilihat dari atas maupun bawah.

Jika tidak ingin menempuh jalur yang sulit, Sobat Pariwisata bisa menikmati keindahan air terjun ini dari atas gardu pandang yang terletak sekitar 400 meter dari lokasi parkir. Gardu pandang ini adalah sebuah bangunan permanen yang sengaja dibangun untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Tumpak Sewu dari atas. Lokasi ini sangat cocok untuk Sobat Pariwisata yang membawa keluarga maupun orang tua untuk sama-sama menikmati pesona Air Terjun Tumpak Sewu.

View this post on Instagram

. *COBAN SEWU* *TUMPAK SEWU* Start Point & Drop Point Kota Malang / Kota Batu Berangkat Pagi / Dini Hari Wisatawan Lokal (Domestic) IDR 180.000/1 orang untuk 15 orang IDR 190.000/1 orang untuk 14 orang IDR 200.000/1 orang untuk 13 orang IDR 210.000/1 orang untuk 12 orang IDR 230.000/1 orang untuk 11 orang IDR 255.000/1 orang untuk 10 orang IDR 265.000/1 orang untuk 9 orang IDR 270.000/1 orang untuk 8 orang IDR 280.000/1 orang untuk 7 orang IDR 290.000/1 orang untuk 6 orang IDR 300.000/1 orang untuk 5 orang IDR 355.000/1 orang untuk 4 orang IDR 450.000/1 orang untuk 3 orang IDR 645.000/1 orang untuk 2 orang IDR 1.180.000/1 orang untuk 1 orang . *DESTINATIONS* ● Coban Sewu / Tumpak Sewu ● Coban Sewu Dasar ● Goa Tetes Dasar ● Goa Bidadari . *OPTIONAL DESTINATIONS* *Conditionally* ● Coban Sriti (Hiking) ● Air Terjun Kapas Biru (Hiking) ● Air Terjun Kabut Pelangi (Hiking) ● Coban Ciblungan (Walk) ● Coban Srengenge (Walk) . *FASILITAS YANG TERMASUK* *INCLUDED FACILITIES* ● Transportasi ● Sopir / Driver ● Bahan Bakar / Fuel ● Travel Guide ● Air Mineral ● Parkir Tumpak Sewu ● Ticket Tumpak Sewu ● Ticket Coban Sewu Dasar ● Ticket Goa Tetes Dasar . *FASILITAS TIDAK TERMASUK* *EXCLUDED FACILITIES* ● Perlengkapan Pribadi ● Keperluan Pribadi ● Konsumsi Pribadi ● Makan Selama Tour ● Ticket Optional Destinations ● Parkir Optional Destinations . 🆔 @cobansewu 🆔 @tumpaksewu 🆔 @cobansriti 🆔 @airterjunkapasbiru 🆔 @airterjunkabutpelangi 🌏 Coban Ciblungan 🌏 Coban Srengenge . *MORE INFO* 📱 wa.me/6281333183380 📱 wa.me/6281391090380 📱 081333183380 📱 081391090380 . #indonesiatrip #escapadeindonesia #tourindonesia #tourjawa #tourmalang #tourbatu #outingtrip #batucitytour #malangrayatour #malangtourplanner #malangtourorganizer #tempatwisatamalang #tempatwisatajawa #whim #whimtrispandy #xagiblo #whiempy #whiempyguide #guidemalang #guidebromo #guideijen #javatravelguide #javatrip #jasaguide #wisatamalangraya #wisatabatumalang #explorebatumalang #tumpaksewutrip #tourtumpaksewu #tumpaksewu .

A post shared by Tumpak Sewu Waterfall (@tumpaksewuwaterfall) on

View this post on Instagram

Sudah merasa seger kah kalian lihat foto ini. 😁 . Itu tandanya kalian butuh asupan piknik gais.. . Yuk buat yg blm ke spot ini bisa ikut Opentrip ya. Atau buat yg punya grup sendiri kalian bisa Custom trip atau privat tour. . Semua biaa di bicarakan jika sama @destinasi_ade .. Yukk.. Liburan.. . . . * Liburan, aman, nyaman Bahagia = Menaikkan imun kita * . . . . 🔰 INFO TRIP / PENDAFTARAN 📍@destinasi_ade Travel WA Admin : 082135705550 Office : Sambikerep, Surabaya . . . #opentripmurah #opentrip #b29tumpaksewu #b29lumajang #goateteslumajang #airterjuntumpaksewu #opentripb29 #puncak30lumajang #bukitcintalumajang #airterjunbidadari #tumpaksewu #opentripmurah #paketwisata #explorelumajang #explorejawatimur #tourlumajang #lumajangtour #lumajangtrip

A post shared by Destinasi Ade Tour & Travel ® (@destinasi_ade) on

View this post on Instagram

Air Terjun Tumpak Sewu atau disebut juga Coban Sewu adalah sebuah air terjun berketinggian sekira 120 meter yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Air Terjun Tumpak Sewu merupakan air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia. Air Terjun Tumpak Sewu memiliki formasi unik karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai sehingga termasuk dalam tipe air terjun Tiered. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru. Meski berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, namun wisata Air Terjun Tumpak Sewu umum dijangkau melalui Kabupaten Lumajang melalui jalan nasional rute 3 lintas selatan Jawa Timur. Jika berangkat dari Malang, Anda bisa memilih rute perjalanan Bululawang – Dampit – Tirtomoyo – Pronojiwo – perbatasan Lumajang dan Malang. Setelah sampai di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, wisatawan akan melihat pintu masuk obyek wisata Air Terjun Tumpak Sewu di tepi jalan. Jalan tersebut muat dua kendaraan saat berpapasan. Anda pun bisa langsung parkir di tempat wisata Air Terjun Tumpak Sewu. Air Terjun Tumpak Sewu sangat mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum berupa minibus. Bus-bus dengan rute Lumajang – Malang atau sebaliknya biasanya beroperasi mulai pukul 07.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 16.00 WIB. (By : Wikipedia) . . . #besokliburadventure #pendakiamatir #pesonapendaki #pendakikeren #pendakicupu #pendakislow #galeripendakiindonesia #pendakikusam #parapendaki #tumpaksewu #pejalanjauh #idpendaki #sahabatpendaki #pendakimuslim #mountanigers #mountainesia #instapendaki #instagunung #mediagunung #pendakibackpakers #pendakikeren #pendakiindonesia #mountainesia #visitpendaki #explorelumajang #explorependaki #jejakpendaki #jelajahgunung #like4like #likeforlike #visitlumajang #lumajang

A post shared by Bogor Jakarta Indonesia (@rahmancosta92_) on

Jika cuaca sedang cerah, Sobat Pariwisata juga bisa melihat Gunung Semeru dibalik air terjun ini. Air yang mengalir di tebing berbentuk setengah lingkaran, dihiasi oleh hijaunya rerimbunan pohon, serta gunung menjulang dan langit biru, menjadi lanskap yang sempurna bagi para pecinta photography atau sekedar latar untuk selfie.

Namun jika ingin melakukan aktivitas yang lebih seru, Sobat Pariwisata bisa turun menuju air terjun. Untuk sampai ke tempat ini, Sobat Pariwisata harus menempuh jalur treking yang sulit dan memantang. Tapi tidak perlu khawatir, ada pemandu yang akan membimbing.

Di awal, Sobat Pariwisata harus menyusuri tangga bambu berundak-undak sepanjang 800 meter menuju dasar bukit. Di ujung tangga ini, Sobat pariwisata akan menjumpai Goa Tetes.

Goa ini sangat unik karena letaknya yang berada di balik air terjun. Selain itu, aliran airnya membentuk kristal, loh! Di dalam goa ini juga terdapat kolam dengan air jernih yang membuatnya lebih mempesona.

Perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri tebing yang curam, dengan bantuan tali pengaman. Setelah tiba di dasar jurang, Sobat Pariwisata masih harus menyusuri sungai yang berlawanan arus untuk sampai ke air terjun ini. Pihak pengelola telah menyediakan peralatan penunjang keamanan untuk membantu para pengunjung.

Perjalanan menantang dan melelahkan yang menghabiskan waktu sekitar 40 menit itu akan terbayar lunas saat Sobat Pariwisata tiba di bawah air terjun. Dari sini Sobat Pariwisata akan menikmati kemegahan Air Terjun Tumpak Sewu yang tiada tara. Air jernih yang jatuh dari ketinggian, tebing kokoh yang diselimuti oleh lumut hijau, serta gema suara percikan airnya, membuat suasana semakin syahdu.

Tapi, jangan lupa menyimpan energi dan tenaga untuk perjalanan pulang, ya! Karena Sobat Pariwisata harus menempuh jalan dengan trek yang sama untuk kembali ke parkiran.

Sobat Pariwisata hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 10.000 rupiah untuk masuk ke area air terjun yang buka dari pukul 08.00-17.00 ini.

Gimana, penasaran dengan air terjun tirai ini? (Nita/RPI)