Relaksasi di Pemandian Air Panas Goa Ergendang

Goa Ergendang
foto: business.site

Destinasi wisata yang satu ini terletak di Desa Penungkiren, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hilir, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Jarak dari Kota Medan sekitar 41 km, dan bisa ditempuh selama 2 jam perjalanan. Kondisi jalanannya sudah bagus beraspal dan beton. Destinasi wisata ini cocok untuk berlibur bersama teman atau keluarga lhoo! Biaya tiket masuk pun terjangkau, yaitu untuk masuk ke goa ini hanya Rp10 ribu, sedangkan biaya parkir motor Rp3 ribu dan Rp5 ribu untuk biaya parkir mobil.

Goa Ergendang dalam bahasa Indonesia berarti menabuh gendang. Menurut warga setempat, di waktu tertentu terdengar bunyi tabuhan alat musik tradisional Karo. Bukan hanya itu, mitos Goa Ergendang menurut warga setempat adalah tempat pemandian putri-putri raja pada jaman dahulu, yang airnya digunakan sebagai penawar buat awet muda. Air belerang sendiri sangat bermanfaat bagi kulit khususnya untuk menghilangkan gatal-gatal, pegal, mengangkat sel kulit mati dan juga mencegah penuaan kulit. Meskipun mempunyai kandungan belerang, tetapi air di sini tidak berbau karena airnya berasal dari mata air panas Penen.

Goa Ergendang
foto: jolygram.com

Pesona alam dari Goa Ergendang tidak kalah cantiknya dengan Danau Linting yang namanya sudah banyak didengar orang-orang. Di sini kamu tidak akan menemukan penghuni asli goa-goa pada umumnya. Tidak ada kelelawar dan hewan-hewan lainnya yang biasa bermukim di goa. Malah keindahan yang luar biasa yang disajikan goa ini. Kamu akan melihat kolam pemandian air panas di tengah Goa Ergendang. Visualnya sangat menarik, dinding-dinding batu yang mengelilingi area tersebut, hingga pantulan sinar mentari masuk.

Goa Ergendang menjadi tempat wisata favorit masyarakat sekitar. Karena keindahan dan pesonanya, serta beberapa spot-spot yang terlihat cantik untuk dijadikan latar belakang foto kamu. Di sini kamu tidak perlu khawatir ketika perut kosong. Di sekitar goa terdapat beberapa warung kecil yang menawarkan makanan minuman untuk memanjakan lidah dan mengenyangkan perut kamu. Semua dapat kamu nikmati dari destinasi wisata ini, setelah wabah virus corona sudah hilang dari bumi Indonesia yaa!