Pesona Gili Ketapang yang Menggoda

Gili Ketapang
foto: yosianurvia.blogspot.com

Suasana seperti sekarang ini, dimana tempat wisata hampir semua di tutup akibat dari wabah virus corona yang semakin meluas. Ada baiknya buat kamu yang tetap di rumah saja, menyimak destinasi wisata yang ada di Kabupaten Probolinggo.  Destinasi ini i kenal dengan wisata Gili Ketapang, yang merupakan pulau mungil yang terletak di Selat Madura. Lebih tepatnya 8 kilometer di lepas Pantai Utara Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Gili Ketapang
foto: tourgiliketapang.blogspot.com

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Sumberasih. Gili Ketapang memilki pasir putih yang begitu lembut, anginnya semilir yang menyejukan kalbu. Pantainya memiliki ombak yang tenang sehingga menggoda untuk bermain air. Di pantai ini, kamu juga bisa menelusuri keindahan bawah laut Gili Ketapang yang begitu mempesona.

Untuk menuju ke pantai ini, kamu harus menggunakan perahu motor dari Pelabuhan Tanjung Tembaga di Probolinggo yang bisa menampung hingga 15 orang. Dari pelabuhan, butuh waktu sekitar 30 menit untuk menyeberang menuju Gili Ketapang. Harap dicatat, perahu motor ini hanya berangkat pada pagi hari lhoo!

Jika kamu tidak mau repot ke sana, kamu bisa menggunakan jasa agensi wisata atau biro perjalan wisata. Cukup merogoh kocek mulai dari Rp 90.000 hingga Rp 150.000 per orang. Bermacam fasilitas ditawarkan, dari sewa kapal pulang dan pergi menuju Gili Ketapang, makan siang, peralatan snorkeling, dokumentasi underwater, asuransi, guide hingga paket dokumentasi dengan drone bisa kamu dapatkan.

Selain paket liburan menggunakan agensi, kamu yang backpacker juga bisa menggunakan paket snorkeling di tempat. Paketnya mulai dari snokeling murah, snorkeling vip dan paket snorkling Banana Boat. Selain itu ada juga paket camping dengan menginap di tenda atau homestay di sekitar lokasinya lhoo.

Gili Ketapang
foto: giliketapang.co.id

Beberapa ragam paket ini yang membedakan adalah fasilitas seperti jumlah spot yang akan di eksplor. Di pulau ini memang mempunya banyak macam spot yang menarik untuk dikunjungi dan masing-masing mempunyai keunikan tersendiri.

Saat snorkeling, kamu bisa melihat alam bawah laut yang eksotik. Berbagai macam jenis ikan dan gugusan terumbu karang terjaga dengan baik. Di sini, kamu pun bisa menyapa ikan badut atau bisa di sebut “nemo” yang bersembunyi di anemon.

Ingat, saat snorkeling ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal tersebut dilakukan supaya menghindari cedera atau kejadian yang tidak diinginkan. Jangan snorkeling sendiri, atau jauh dari teman, cek terlebih dahulu kondisi peralatan, gunakan masker dengan benar, biasakan bernafas dengan snorkel, tenang dan perhatikan keadaan sekitar. Persiapan untuk snorkling memang harus benar-benar matang lhoo, supaya liburan kamu selain menyenangkan juga terjaga keselamatannya.