Tidak Seram Sama Sekali, Ini Sisi Lain dari Nusa Kambangan

Menelusuri Bagian Timur dari Pulau Nusa Kambangan
Foto: alinea.mmtc.ac.id

Nusa Kambangan, mendengar namanya saja sudah membuat kita membayangkan sebuah pulau yang berisikan penjahat kelas kakap. Mulai dari penculik, pembunuh maupun gembong narkoba. Jangankan untuk pergi ke sana, memasukkan pulau yang satu ini ke dalam daftar perjalanan wisata saja dirasa mustahil.

Namun, Sobat Pariwisata, tahukah kamu bahwa Pulau Nusa Kambangan memiliki sisi lain yang berbanding terbalik dengan kengerian tadi.

Pulau Nusa Kambangan terletak di wilayah administratif Kabupaten Cilacap. Tepatnya di bagian selatan selat segara anakan. Pulau dengan luas 21.000 hektare ini memiliki potensi wisata yang sangat tidak terduga. Pasalnya Pulau Nusa Kambangan memiliki pesona wisata alam yang mengutamakan keasrian pantai hingga hutannya.

Foto: mirwans.com

Untuk mencapai Pulau Nusa Kambangan ada dua jalur. Jalur pertama adalah via Pelabuhan Sodong, di sini pengunjung harus mengantongi izin dari departemen kehakiman setempat untuk bisa menyeberang menggunakan feri milik departemen kehakiman dari Pelabuhan Lo Manis.

Jika Sobat Pariwisata tidak mau repot mengurus izin, kamu bisa menggunakan pilihan kedua yaitu melalui Dermaga Timur. Untuk menuju Dermaga Timur kamu harus ke Pantai Teluk Penyu, nantinya di sana ada beberapa nelayan yang menyewakan jasa penyeberangan menggunakan perahu pribadi mereka. Harganya juga relatif murah, untuk biaya pulang pergi kamu hanya perlu membayar Rp. 30.000,- saja.

Foto: alinea.mmtc.ac.id

Baca juga: Pesona Pantai Teluk Penyu, Indahnya Menikmati Sunset dan Sunrise

Sampai di sana kita akan disambut dengan hutan lindung Nusa Kambangan yang masih asri dan terjaga keasliannya, pengunjung akan menikmati perjalanan tanpa takut tersesat. Sebab di dalam hutan sudah disediakan jalan setapak yang tidak memiliki persimpangan.

Hutan lindung tersebut akan terhubung langsung dengan Pantai Pasir Putih, pantai yang cocok untuk menyepi ini menawarkan pemandangan yang tenang, sebab perpaduan air laut, angin sepoi-sepoi dan hamparan pasir putih yang indah membuat suasana sepi menjadi semakin syahdu.

Sobat Pariwisata yang berkunjung ke Nusa Kambangan, tetap jaga kebersihan ya, sebab kawasan alam Nusa Kambangan ini dikelola oleh Kementerian Kehutanan langsung sebagai hutan lindung.