Amerika, Bisnis Minuman Keras Daring Durian Jatuh

Alkohol

Dari laporan paling ngehits, berita usaha apa yang masih untung hari ini di Amerika datang dari penjualan minuman keras terutama pengusaha yang mengaplikasikan daring atau online melalui market place digital platform. Pengusaha sektor ini durian jatuh saat pandemi wabah corona.

Ilustrasi Foto : Instagram@twpfeiffer

Berita harian Amerika menyebutkan penjualan minuman beralkohol melalui market place naik 387 persen di pekan kedua April 2020. Rupanya wabah corona pada bisnis ini tidak punya imbas malah melonjak tajam dan penjualan alkohol meningkat drastis.

Selalu ramainya mereka yang berada di bar, cafe, pub dan tempat kongkow memberikan pesan, alkohol sudah jadi bagian gaya hidup masyarakat Amerika. Ternyata, walau harus berada di rumah, orang-orang menggunakan ponsel memesan bir dan sejenisnya itu. Ilustrasi foto: Instagram@laurapjanis.

Survey Nielsen mencatat pekan sebelumnya, penjualan melonjak 441 persen. Angka tersebut merupakan yang tertinggi di sektor penjualan minuman beralkohol.

Dibanding pekan pertama April tahun lalu, penjualan pada tahun ini tumbuh 26,2 persen.

Bagi toko minuman keras daring, seperti Drizly, pandemi virus corona adalah berkah. Startup ini mengantarkan minuman-minuman hampir di 200 kota di AS.

Pertumbuhan penjualan begitu kuat hingga menembus rekor pekan sebelumnya. Pelanggan-pelanggan baru muncul dan saat ini mencapai 33 persen dari total penjualan.

“Kesadaran konsumen mengenai e-commerce meledak dalam enam pekan terakhir, lebih banyak orang memanfaatkan layanan pengiriman sebagai alternatif yang lebih aman,” ujar CEO Drizly, Cory Rellas, kepada CNN.com.

“Kami tahu selama masa ketika banyak bisnis sedang kesulitan, pengiriman barang memberi peluang bagi bisnis ini untuk memberi layanan yang bernilai di tingkat lokal,” melanjutkan

Pada pekan pertama April, mengacu pada data Nielsen, penjualan anggur online menjadi produk industri yang paling cepat berkembang karena libur Paskah. Anggur tumbuh 36,5 persen dibanding setahun lalu dan meningkat 5,2 persen dibanding pekan sebelumnya.

Sementara penjualan Spirit, minuman alkohol yang melalui proses destilasi, mengalami penurunan satu persen dari penjualan pekan sebelumnya tetapi masih tumbuh 32,4 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Penjualan bir dan minuman sari buah beralkohol meningkat 2,7 persen dari pekan sebelumnya dan naik 19,4 persen dibanding tahun lalu.

Drizly melihat anggur dan spirit menjadi tren saat ini, sementara anggur merah menjadi produk paling laku diikuti anggur putih dan vodka.