Waspadai Tiket KA Jakarta dan Bandung, Hangus!

PT Kereta Api Indonesia (Persero)
PT Kereta Api Indonesia (Persero)

Kebijakan yang dilakukan PT Kereta Api Indonesia (Persero) adalah upaya menekan pandemi wabah corona. Pihak KAI membatalkan seluruh perjalanan kereta api jarak jauh dari dan menuju Jakarta dan Bandung. Kebijakan ini mulai berlaku pada Jumat (24/4).

Seperti disampaikan VP Public Relations KAI Joni Martinus, keputusan ini dikeluarkan terkait atas langkah bijaksana manajemen dan tindak lanjut dari keputusan pemerintah yang melarang seluruh masyarakat mudik pada lebaran 2020. Imbaun pemerintah pusat yang melarang mudik dikeluarkan untuk mengurangi risiko penyebaran wabah corona.

“Pembatalan seluruh perjalanan kereta api Jarak Jauh ini kami lakukan guna menindaklanjuti keputusan pemerintah atas larangan Mudik Lebaran 2020 untuk masyarakat,” kata Joni dalam keterangan resminya, pada Rabu (22/4).

KAI, sambung Joni, sudah membatalkan 14 perjalanan kereta api jarak jauh dari dan menuju Jakarta dan Bandung. Kemudian, beberapa tujuan lainnya akan mulai dibatalkan mulai hari ini dan 24 April 2020.

Langkah tegas ini menjadikan berhenti semua operasi kereta api jarak jauh dari Jakarta dan Bandung ke sejumlah daerah. Termasuk yang dimaksud oleh Joni, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

“Total sejak 23 Maret 2020, KAI telah membatalkan sebanyak 402 perjalanan kereta api dengan rincian 213 kereta api jarak jauh dan 188 kereta api lokal,” kata Joni.

Dengan keputusan ini, Joni memastikan perusahaan akan mengembalikan biaya tiket 100 persen kepada penumpang.

KAI akan menghubungi penumpang melalui contact center 121, tetapi penumpang juga bisa membatalkan tiketnya sendiri melalui aplikasi KAI Access dan loket stasiun.

“Pembatalan melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian,” jelasnya.

Sementara, penumpang bisa melakukan pembatalan di seluruh loket stasiun yang ada di stasiun keberangkatan jarak jauh dan lokal hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan.

“(Penumpang) menunjukkan kode booking dan uang akan langsung diganti secara tunai,” tutup Joni.

Ilustrasi Foto: Instagram@ms.paulinabraco