Baju Cele, Pakaian Adat Asal Maluku

Presiden Joko Widodo Pakaian Adat Maluku, Pariwisata Indonesia

Ragam busana Indonesia segudang model, nggak akan lekang dengan waktu. Pujian dan apresiasi datang dari masyarakat dunia tiap kali dilakukan pementasan di luar negeri.

Baca Juga:  3 Pantai Terbaik di Ambon, Maluku

Busana adat hingga gaun pengantin, sebagai baju adat nusantara wajib dilestarikan. Tak terkecuali Baju Cele.

Presiden Jokowi pakai baju adat maluku, Pariwisata Indonesia
Baju Cile, Baju Kebesaran Adat Maluku / Foto: Humas Sekretariat Kabinet RI

Baju Cele adalah pakaian khas Ambon, Maluku. Berbeda dengan baju formal wanita pada umumnya, baju Cele memiliki motif kotak-kotak kecil dengan warna-warna terang.

Baca Juga:  Baileo Rumah Ruh Nenek Moyang Ambon

Baju Cele terdiri dari apa saja, yuk kenali!

1. Baju Cele, baju kurung yang panjangnnya sepinggang, bermotif kotak kecil dan simetris.

2. Kain Lenso, sapu tangan yang disematkan dibagian kiri wanita Ambon. Dan merupakan aksesoris tambahan. Dilekatkannya Kain Lenso, pengaruh penyerapan budaya Eropa. Zaman dulu wanita Eropa selalu membawa sapu tangan jika hendak bepergian.

3. Kain Salele, memiliki warna dan corak yang senada Baju Cele. Kain Salele adalah kain sampin atau sarung yang dipadukan dengan Pakaian Cele.

4. Hiasan Kepala, pada kepala wanita Ambon saat menggunakan Pakaian Cele biasa mengenakan konde, kak kuping (kembang goyang), sisir konde, dan bunga ron (gabus/papeceda yang dilingkari pada konde).

Baca Juga:  Mencoba ‘Suami’ dari Maluku

Ada sebuah keunikan jika wanita Ambon mengenakan pakaian ini, terdapat panggilan-panggilan khusus bagi wanita yang mengenakan Pakaian Cele. Jika dia gadis maka akan dipanggil Nona Baju Cele Kaing dan Nyonya Kain Salele jika perempuan yang sudah menikah.

Baca Juga: Tari Lenso Lambang Kelembutan Wanita Maluku

Satu layar video penutup dari channel youtube Indonesia Kaya menyoroti Pakaian Adat Maluku, salah satunya adalah Baju Cele. Saksikan videonya, yuk!

(Bahrul/Erwin)