Kampung Adat Sindangbarang

Sindangbarang

Mengenal akan Kampung adat budaya sunda yang berada di daerah Bogor, Jawa Barat adalah salah satu cara kita mengetahui akan adat dan budaya yang ada di tanah Sunda. Kampung adat ini tercatat sebagai Kampung tertua sejak abad XII, berdasarkan sumber literasi Pantun Bogor dan Babad Pajajaran. Di sini, kebudayaan Sunda Bogor diawali dan dilestarikan.

Lokasinya 8 kilometeran dari pusat Kota Bogor, Kampung Budaya Sindangbarang berada di antara pemukiman warga Kampung Sindangbarang, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Kamu bisa naik mobil, motor, atau angkutan umum untuk sampai ke tempat ini ya!

Di kampung budaya ini kamu dapat mempelajari budaya Sunda Sindangbarang sambil belajar kesenian tari Jaipongan dan Silat Cimande. Tidak cuma itu saja lhoo, kamu juga dapat bermain permainan tradisional seperi egrang, dampu, bakiak, dan memanah di tengah suasana persawahan.

sumber foto : travelspromo.com

Di kampung budaya ini terdapat 20 rumah adat Sunda Sindangbarang yang fungsinya berbeda-beda, mulai dari tempat tinggal warga, lumbung padi, balai, sampai penginapan.

Rumah kepala adat terletak di tempat yang paling tinggi dengan sebutan Imah Gede. Sementara, rumah sang Gilang Serat atau sekretaris, terletak di sebelah Imah Gede. Gak jauh dari Imah Gede terdapat sebuah saung yang disebut Saung Talu, seperti sebuah panggung besar dengan alat musik angklung dan gamelan di atasnya. Saung Talu berfungsi sebagai tempat pertunjukan kesenian.

Di depan Imah Gede terdapat alun-alun yang berfungsi sebagai tempat untuk melakukan upacara adat. Upacara adatnya sendiri diadakan setiap setahun sekali. Upacara itu disebut Adat Seren Taun, yaitu upacara pesta panen raya yang sudah dilakukan sejak zaman dahulu oleh masyarakat adat Sunda Ladang.