Berwisata di Belitung Timur, Ini 5 Destinasi yang Perlu Kamu Kunjungi

pariwisata indonesia
sumber foto: republika.co.id

Pariwisata Indonesia–Hai Gaaees!

Destinasi wisata ini gak kalah menarik dari daerah lain lho Gaaees, berikut ini rekomendasi wisata yang layak kamu kunjungi ketika berada di Pulau Belitung, khususnya Kabupaten Belitung Timur.

Di mana aja?

pariwisata indonesia
sumber foto: disbudpar.belitungtimurkab.go.id

1. Open-Pit Lead Mining
Open Pit ini berlokasi di Kecamatan Kelapa Kampit, jaraknya 43 kilometeran dari Bandara Internasional H.a.s Hanandjoeddin. Destinasi wisata ini merupakan kawasan wisata pertambangan yang memiliki banyak nilai sejarahnya.

Terbentuknya Open Pit dikarenakan aktivitas pertambangan timah yang dilakukan oleh Belanda ratusan tahun yang lalu sehingga membentuk cekungan. Selain bekas tambang timah, di kawasan ini juga terdapat Goa bekas penambangan.

pariwisata indonesia
sumber foto: pinterest.com

2. Museum Kata Andrea Hirata
Museum Kata Andrea Hirata ini terletak di Kecamatan Gantung berjarak 60 kilometeran dan waktu tempuh selama 1 jam 2 menitan dari Bandara Internasional H.a.s Hanandjoeddin.

Harga tiket masuknya  ke Museum Kata Andrea Hirata ini sebesar Rp 50.000, termasuk kita mendapatkan buku karya Andrea Hirata atau CD lagu dari OST Laskar Pelangi. Selain tempat yang instagramable bangetzz, Museum Kata Andrea Hirata juga menyajikan kata-kata inspiratif serta potongan kisah Laskar Pelangi di dalam bangunan rumah yang sudah berdiri selama 200 tahunan.

pariwisata indonesia
sumber foto: .travelingyuk.com

3. Rumah Keong Kirana
Gak jauh dari Museum Kata Andrea Hirata ada Rumah Keong. Selain disebut Rumah Keong tempat ini biasanya disebut juga Dermaga Kirana. Rumah Keong ini unik dikarenakan berada di atas danau bekas galian tambang timah.

Selain bisa bersantai dan berfoto selfi, kamu juga bisa menelusuri danau dengan membayar Rp 5.000 atau Rp 10.000 untuk biaya sewa perahu kecil. Sebelum menikmati keindahan danaunys, jangan lupa gunakan sunblock terlebih dahulu ya Gaaees!

pariwisata indonesia
sumber foto: indonesiakaya.com

4. Pantai Nyiur Melambai
Pantai yang berjarak kurang lebih 70 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam 12 menitan dari bandara, destinasi wisata ini merupakan salah satu pantai yang wajib kamu kunjungi ketika berkunjung di Belitung Timur. Kamu bisa menikmati pantai yang memiliki pasir putih dan berbagai fasilitas kebugaran yang tersedia di pantai.

Biasanya jika kamu berkunjung ketika ada festival pantai, kamu bisa menikmati pantai di malam hari dengan berbagai macam pertunjukan. Selain itu, di Pantai Nyiur Melambai juga tersedia restoran seafood yang ramah di kantong kamu, lho Gaaees!

pariwisata indonesia
sumber foto: pedomanwisata.com

5. Pantai Serdang
Gak jauh dari Pantai Nyiur Melambai dengan jarak tempuh hanya 6 menitan, kamu udah bisa menikmati keindahan Pantai Serdang dengan pantai pasir putih dan bersih. Di pantai ini terdapat kater atau perahu kecil nelayan yang khas dengan warna-warni yang menambah keindahan dari pantai ini.

Selain keindahan pantainya, di Pantai Serdang juga terdapat beberapa warkop atau warung kopi yang menyajikan kopi khas Belitung yang terkenal. Jika kamu beruntung, kamu bisa mendapatkan ikan segar dengan harga murah untuk bakar-bakar melengkapi liburan kamu di Belitung Timur ya Gaaees.