Grama Tirta Jatiluhur Liburan Keren Abis, Jempolan!

Grama Tirta Jatiluhur
Grama Tirta Jatiluhur

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Redaksi PariwisataIndonesia.id recommended. Bosan dengan rutinitas kerja? Saatnya recharge otak. Mujarab bikin otak kembali segar setelah melakukan banyak aktivitas menguras energi dan waktu. Yuk refreshing, berlibur ke Grama Tirta Jatiluhur.

Grama Tirta Jatiluhur
Lokasi Wisata Grama Tirta Jatiluhur / Foto: indonesiatraveler.id

Liburan ke Grama Tirta Jatiluhur dijamin menyenangkan. Rekreasi dan cozzy buat yang gemar olahraga lari, aktivitas berlari di alam terbuka. Redakan stres, olahraga makin menyenangkan.

joging di Grama Tirta Jatiluhur
Lokasi Wisata Grama Tirta Jatiluhur / Foto@rismawidya

Riziky Melia model cantik yang sempat jadi duta wisata dan membintangi beberapa film nampak menikmati sekali berliburnya. Berjalan santai dengan pesona alam yang hijau. Memandang gunung, danau dan aliran sungai Citarum yang jernih. Udaranya segar, berjalan sambil mendengarkan burung-burung berkicau.

Bendungan Jatiluhur dihijaukan dengan pohon-pohon rimbun. Pemandangan gunung dan danau serta aliran sungai Citarum melengkapi liburan jadi sempurna. Indah memesona. Kesejukan udaranya memikat hati Riziky berlibur dapatkan pikiran tenang. Relaksasikan jiwa dan memanjakan hati. Tentram dan larut dalam kedamaian batin. Berlibur kesini segarkan pikiran. Pokoknya top, keren abis. Beri jempol!

View this post on Instagram

🔝🔙🔜

A post shared by 𝓜𝓮𝓵𝓲𝓪 (@rizky_melia) on

Bendungan Jatiluhur, waduk pertama di Indonesia. Mengusung konsep, suguhkan keindahan alam dan pariwisata. Bendungan dengan fasilitas wisata menyatu. Berlokasi di lereng bukit. Pilihan nyaman buat kamu berkunjung.

Bikin betah dan lupa pulang. Malas beranjak. Ngangenin dan nagih mau datang lagi. Pemikatnya adalah bendungan segede gaban. Segede alaihim gambreng. Bendungan Jatiluhur seluas 8.300 ha dapat menampung volume air, tigamiyaran kubik.  Keren, happy banget deh. Suasana hati lepas, selepas-lepasnya. Speechless!

Laman instagram @anugrahrindu menampilkan visualnya sempurna, Lokasi Wisata Grama Tirta Jatiluhur. Liburan Keren Abis, Jempolan!

Pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang cantik di lokasi objek wisata waduk Jatiluhur. Yuk ngabuburit sore!

Wisatawan lokal mengatakan, “Tiap bulan terutamanya Sabtu-Minggu, selalu jalan-jalan ke Grama Tirta Jatiluhur sama pacar lebih sering dengan keluarga,” ucap kartolo senyum-senyum. Kartolo tidak bosan liburan kesini.

Duduk dipinggiran waduk, semilir angin bikin rasa kantuk dan lupa diri. Pemandangan matahari terbenam jadi pilihan alternatif wisatawan berlibur ke Grama Tirta. Tips ngedate, lokasi bagus disayang pasangan. Buat suasana romantis jadi makin lengket seperti perangko. Dunia serasa milik kamu berdua.

Pesona matahari terbenam dengan langit kemerahan, menawan dan pemandangannya indah. Begitu senja tiba, kamu akan nikmati spektrum warna yang menakjubkan. Buat hubungan bersama pasangan makin romantis. OMG!

Nah, buat kamu yang sedang bingung cari-cari lokasi wisata, Yuk berlibur deh kesini. Memesona, usung konsep outdoor dan suguhkan keindahan alam.

Ajak keluarga besarmu, ada waterboom disini. Wahana permainan air dengan nama Water World miliki 4 tingkatan kolam renang. Olimpic, dangkal, anak-anak dan dewasa. Yuk ceria bersama keluarga dan seru-seruan.

Bermain air menggunakan papan seluncur, ember air, bungee trampolin dan banyak lagi yang mengasyikan bikin kamu betah dan lupa pulang. Wisata air yang lain budidaya ikan menggunakan keramba jaring apung. Salurkan hobby mancing mania. Dijamin bikin betah.

Siapkan pose andalanmu. Tempatnya kece untuk berswafoto. Banyak momen indah dan bikin tak terlupakan. Gemes dan bikin gatel jepret-jepret. Punya Passion di bidang fotografi, Let’s Go!

Grama Tirta Jatiluhur
Lokasi Wisata Grama Tirta Jatiluhur, Foto: Instagram@puput_permataa

Mengatasi perut krucuk-krucuk, tenang. Dipinggiran waduk tersedia banyak tempat makan. Pilihan buat kamu jajan aman. Redaksi kasih saran makan di Istora resort and cafe. Makan disini malas beranjak. Menyantap sambil menikmati pemandangan pegunungan yang menyejukkan, danau, bendungan dan perahu. Setiap sudutnya sangat instagramable dan cantik untuk foto-foto. Tempat makannya bersih. Pesona alam Istrora resort dan cafe bikin lupa sedang lapar. Cespleng perut krucuk sembuh.

Tersedia fasilitas penginapan, favorit pengunjung karena letaknya berhadapan waduk Jatiluhur dengan panorama alam.

Masih kurang nampol dan waktu liburanmu masih panjang? Tambahkan sedikit adventure. Lengkapi liburan dengan coba pengalaman baru. Keliling waduk menggunakan jetsky yang bisa disewa kisaran harga 200ribuan rupiah. Perahu motornya seharga 120ribuan.  Coba pakai perahu kano, bagus juga itu, harganya Rp 20ribuan. Perahu kecil yang muat satu orang dengan cara menyisir waduk. Mau coba perahu lain, yuk pakai perahu murmer untuk muat 5-7 orang, seperti dilakukan wisatawan ‘Bang Sani dalam laman instagram, asyek Lalalala, tarik maang!

View this post on Instagram

Jatiluhur➡️12/10/2019

A post shared by 🅱4🅽9_54🅽173 (@bangsani73) on

Favorit  lainnya di waduk Jatiluhur, memiliki morning glory, pelimpah air termegah. Terbesar seantero dunia. Disebut morning glory karena bentuknya. Mirip dengan terompet, mulut bunga kecubung. Dunia hanya punya beberapa bendungan morning glory, pelimpah ini. Terbesar ada di dua negara, Indonesia dan Amerika Serikat. Kita harus bangga, bendungan  Jatiluhur merupakan yang terbesar.

Indonesia sendiri punya banyak waduk. Waduk Jatiluhur merupakan terbesar dengan  multi fungsi, seperti pembangkit tenaga listrik dan irigasi. Mengaliri 200.000an hektar sawah, budidaya ikan air tawar, stok air untuk industri dan PDAM, pengendali banjir.

Nama bendungan ini waduk Ir. H Juanda. Hal tersebut diberikan untuk mengenang jasa Perdana Menteri RI., Pembangunan waduk ini terwujud berkat perjuangan beliau. Dua pepatah ini camkan, ‘Jangan sekali-kali tinggalkan sejarah. Dan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.’

Waduk Jatiluhur merupakan bendungan terbesar di Indonesia. Tidak hanya sekedar bendungan semata, namun bendungan ini menawarkan pemandangan panorama danau yang sangat menakjubkan. Tak heran, paket keindahan yang dimilikinya ini membuat Bendungan Jatiluhur juga difungsikan sebagai objek pariwisata.

Waduk Jatiluhur mulai dibangun tahun 1957. Pengerjaannya dengan cara membendung sungai Citarum yang miliki aliran sungai sepanjang 4500 km2. Sebanyak 14 desa ditenggelamkan, 5.002 penduduk dipindahkan. Peletakan batu pertama dilakukan Presiden RI pertama Ir Soekarno tetapi diresmikan oleh Presiden Soeharto tanggal 26 Agustus 1967. Pemerintah Indonesia gelontorkan USD 230 juta. Sampai sekarang berdiri kokoh dan megah. Sudah pernah kesini?

Daya pikat waduk Jatiluhur mempetebal keimanan. Pesona tadabur alam ini, lukisan ciptaan Tuhan yang tiada tandingan. Pesonanya indah, memukau dan memesona.

Pemandangan Gunung Parang dan Gunung Tiga Menara. Perpaduan antara birunya langit dengan rimbunnya pepohonan. Pantulan sinar matahari dari permukaan waduk. Semua ini mempetebal keimanan jadi makin-makin.

Harga Tiket Masuk Jatiluhur Water World

Harga tiket masuk Jatiluhur Water World pada hari Senin-Jum’at sebesar Rp 30.000, hari Sabtu-Minggu sebesar Rp40.000, dan hari libur Nasional sebesar Rp 45.000. Pada liburan high season seperti Lebaran, Natal, dan Tahun Baru harga tiket ngehits sebesar Rp 65.000 per orang.

Harga Tiket Bendungan Jatiluhur

Memasuki objek wisata waduk Jatiluhur, pengunjung dikenakan tiket Rp. 10.000 pada hari Senin-Jumat dan Rp. 20.000an pada hari Sabtu-Minggu dan Rp 30.000,- hari-hari libur Nasional.

Untuk mencapai lokasi wisata Grama Tirta Jatiluhur, tiga alternatif jalan bisa kamu pilih. Jalur Jakarta, bisa melalui jalan Tol Purbaleunyi akan melintasi Purwakarta-Bandung- Cileunyi. Setelah itu keluar dari gerbang Tol Jatiluhur, perjalanan waktu memakan kurang lebih dua jam.

Wisatawan yang berangkat jalur Bandung, memakan waktu tempuh kurang lebih 45 menit untuk tiba di wisata Waduk Jatiluhur ini. Jalan menuju waduk lumayan mulus dan baik sehingga tidak akan terasa melelahkan. Ditambah lagi suasana sejuk dengan pemandangan yang hijau nan permai membuat lamanya perjalanan pun tidak terasa.

Jalur Paket murmer, sampai di Kota Purwakarta memilih jalur angkutan kota(angkot). Kenali warna angkot, dua kali naik angkot. Pilih angkot trayek Purwakarta-Pasar Bunder. Tiba di Kota Purwakarta menuju Pasar Bunder,  gunakan angkot 03 warna merah kuning. Lanjutkan pindah ke angkot 011 warna merah tujuan ke Waduk Jatiluhur.

Lokasi wisata ini ditata secara baik dan profesional. Nama Grama Tirta diambil dari bahasa Sanskerta yang memiliki arti Kampung Air. Dan berlokasi di Kecamatan Jatiluhur atau sekitar 15 dari pusat kota, enam kilometer dari pintu gerbang tol Jatiluhur. Makna dari nama Graha Tirta Jatilihur adalah wisata kampung air yang berada di Jatilihur.

Wisatawan lokal dari berbagai daerah banyak datang. Wisata Grama Tirta Jatiluhur favorit dan ramai pengunjung.

Nah, setelah keresahan akibat corona ini berlalu, siap-siap  bidik Grama Tirta Jatiluhur jadi pilihan untuk perjalanan wisata berikutnya! (Nil/Erwin)