Healing Sambil Outbond Bareng Geng di Ladang Budaya Tenggarong 

Pariwisata Indonesia, Ladang Budaya Tenggarong
Ladaya (Ladang Budaya) jadi destinasi wisata alam buatan dan budaya di kota Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. (Foto: Media PI/Sumber Dok: Ezagren)

Halo, Gaes!

Healing bareng teman-teman se-geng emang enaknya sambil melakukan berbagai aktifitas outbond yang seru. Nah! Buat lo yang butuh referensi spot wisata outbond di daerah Samarinda, Ladang Budaya bisa jadi pilihan.

Ladang Budaya Tenggarong atau biasa disingkat Ladaya, terletak di H. Bachrin Seman, Mangkurawang, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Dari pusat Kota Samarinda lo cuma butuh perjalanan sekitar 1 jam. Dekat banget, kan?

Tiket masuk Ladaya cukup ramah di kantong, Gaes. Hanya dengan uang 15.000, lo udah bisa menikmati tempat wisata ini. Tapi, lo harus menyiapkan budget lebih untuk menikmati beragam fasilitas outbond yang seru abis.

Flying fox adalah wahana yang paling banyak diminati oleh pengunjung Ladaya. So, enggak heran kalo di masa-masa liburan, lo harus antri untuk menikmatinya. Flying fox di Ladaya memiliki dua rute, yaitu rute pendek dan rute panjang yang bisa lo pilih sesuai keinginan.

Wahana lain yang tidak kalah memicu adrenalin adalah Sky bike. Lo bisa menikmati sensasi bersepeda di udara melalui wahana ini. Wahana berjalan di titian papan di atas ketinggian 4 meter juga bisa menguji keberanian lo. Ada juga wahana high rope dimana lo ditantang untuk berjalan di seutas tali baja.

Tentunya, untuk keamanan saat menjajal wahana-wahana tersebut lo harus menggunakan perlengkapan pengaman dan mematuhi petunjuk dari fasilitator, ya.

Bermain paitball bareng teman-teman bisa jadi aktivitas seru lainnya. Lo bisa memilih beragam jenis permainan dari menembak target hingga peperangan. Selain mengasah fokus, lo juga bisa melatih kemampuan strategi dan kekompakan tim. Seru banget, kan?

Ladaya juga memiliki banyak spot keren yang bisa lo manfaatin untuk berfoto. Spot-spot ini instagramable banget, loh, Gaes.

Puas bermain dan berselfie-ria, lo bisa beristirahat di balai, gazebo, dan Rumah Odah Rehat. Rumah Odah Rehat merupakan penginapan yang terdiri dari rumah pohon dan rumah adat Kutai dengan atap menjuntai. Rumah yang terdiri dari 22 unit ini bisa lo sewa untuk seharian ataupun untuk menginap.

Selain untuk beristirahat dan menginap, banyak pengunjung yang menjadikan Rumah Odah Rehat sebagai salah satu spot untuk berfoto.

Ladaya juga dilengkapi berbagai fasilitas pendukung seperti toilet, mushola, kampung seni, kantin, hingga pusat penjualan souvenir. Lengkap banget, kan?

FYI, pemilik Ladaya ingin agar area ini dibangun tanpa merusak ekosistem yang ada. Maka saat pembangunannya, tidak ada satu pohon pun yang ditebang, loh. Keren banget, kan? So, enggak heran kalo kawasan ini masih asri, memiliki pepohonan yang rimbun, serta udara yang segar. Liburan di sini bisa bikin penat lo hilang, deh.

So, tunggu apalagi? Kalo pengen healing sekaligus beraktivitas seru bareng teman-teman, yuk ke Ladang Budaya Tenggarong! (Anita)

Pewarta:  Anita Basudewi Simamora
COPYRIGHT © PI 2022