Kenali Pakaian Adat Jawa Barat

Jokoi Pakaian Adat Jawa Barat

Setelah kita intip akan destinasi wisata dan wisata kuliner yang ada di Provinsi Jawa Barat. Sekarang kita intip tentang pakaian adat yang ada di provinsi ini yuk! Salah satu yang sering digunakan saat acara resmi dan di pakai oleh kaum adam adalah Beskap.

Pakaian adat Bandung yang merupakan ibukota dari Provinsi Jawa Barat ini, yaitu sejenis kemeja resmi untuk laki-laki. Pakain adat sunda yang satu ini lebih sering digunakan untuk event resmi. Beskap ini memiliki tekstur kain yang tebal, kerah bajunya juga tidak memiliki krah lipat. Untuk warnanya beragam namun biasanya berwarna gelap dan selalu polos. Jika dilihat dari dekat, ada perbedaan ukuran potongan beskap di bagian depan yang tidak simentris.

Baju adat Beskap
Baju adat Beskap. foto: moondoggiesmusic

Tujuannya yaitu untuk pemakaian aksesoris yang mungkin cukup berat seperti keris. Pola kancingnya juga menyamping. Beskap hampir selalu dipadukan dengan jarik, yakni sejenis kain panjang yang diikatkan untuk menutupi kaki. Sedangkan untuk celana panjang yang dipakai, biasanya disesuaikan dengan warna baju. Untuk penutup kepala menggunakan penutup sejenis peci (bendo). Sedangkan untuk alas kaki menggunakan selop (kelom).

Dilengkapi asessoris berupa jam (arloji) emas yang dipasangkan dengan cara dijepit di saku semakin menambah kesan yang menarik perhatian. Baju adat resmi ini juga bisa termasuk dalam kelompok baju adat Sunda modern atau baju adat Jawa Barat modern lhoo!

Baju adat Beskap
Baju adat Beskap, foto: perpustakaan.id

Pada saat acara resmi berlangsung, antara pria dan wanita biasanya berpasangan. Untuk para mojang atau kaum hawa memakai baju adat berupa kebaya dengan paduan warna polos. Sedangkan atasan menggunakan kain. Tak lupa menggunakan selop disesuaikan dengan kebaya yang digunakan. Termasuk pemakaian ikat pinggang (beubeur) untuk dikencangkan dengan kain. Kemudian juga memakai selendang atau karembong yang semakin menambah pesona kecantikan yang memakainya.