Kenikmatan Cakalang Fufu Kuliner khas Manado

sumber foto: indonesia.go.id

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Buat kamu pecinta kuliner pedas, layak kamu coba kuliner yang satu ini Gaaees, di kenal dengan nama Cakalang Fufu. Kuliner khas dari Kota Manado ini terbuat dari ikan cakalang yang di proses dengan cara pengasapan. Proses pengasapan di Manado disebut fufu, kata fufu inilah yang menjadikan makananan ini terkenal dengan sebutan cakalang fufu ya Gaaees.

Manado memiliki banyak pasokan ikan cakalang, membuat warga di daerah pesisir mengawetkan ikan tersebut. Sebelum diasap, terlebih dahulu ikan dibersihkan dan dibuang sisiknya. Kemudian dibelah menjadi dua dan dilumuri bumbu. Proses pengasapan ini sendiri memakan waktu 4 jam lho.

sumber foto: merahputih.com

Ikan cakalang (Katsuwonus pelamis) atau tongkol putih yang diasapi (fufu) kemudian diolah menjadi berbagai menu. Salah satu olahan paling enak adalah cakalang fufu saus, atau diolah menjadi cakalang fufu santan Gaaees.

Kuliner ini sangat lezat disantap saat masih panas lho. Gak usah khawatir Gaaees, untuk mencarinya pun tidak sulit. Banyak warung makan di sana menyajikan cakalang fufu sebagai menu makannya.

sumber foto: twitter.com

Jika kamu ingin membelinya sebagai buah tangan bagi keluarga di rumah, datangi aja pasar tradisional atau jembatan Sario. Di sana banyak penjual cakalang fufu yang siap di-packing dan dibawa pulang ya Gaaees.

#PariwisataIndonesia #CintaIndonesia