Kuliner khas Ramadhan

foto: sabigaju.com

Seluruh umat muslim yang ada di Dunia termasuk di Indonesia, pada hari ini menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan tahun 2020, ucapan selamat atau kata-kata “Marhaban Ya Ramadhan” pun sering terdengar dan menghujani linimasa media sosial seperti facebook, whatsapp, line, instagram, twitter, dan linimasa media sosial lainnya.

Selain itu ada salah satu hal yang dinanti-nant ketika Ramadhan tiba, yaitu momen berbuka puasa. Biasanya, kita akan berburu beberapa kuliner khas Ramadhan sebelum bedug maghrib tiba. Begitu banyak menu takjil atau jajanan khas bulan puasa yang dijual oleh pedagang, kadang kita bingung untuk memilihnya. Beberapa rekomendasi dibawah ini, bisa jadi pilihan sebagai menu buka puasa kamu hari ini.

Selendang Mayang
foto: resepgulaku.com

1. Es Selendang Mayang

Es selendang mayang adalah minuman khas Jakarta. Minuman ini terbuat dari bahan dasar tepung hunkuwe yang dicampur dengan air serta sagu tani. Es ini cocok banget saat cuaca panas,apalagi di bulan puasa seperti ini.

Kolak
foto: prelo.co.id

2. Kolak

Kolak jadi menu favorit sejuta umat! Inilah takjil favorit masyarakat Indonesia. Hampir semua daerah selalu menyajikan kolak. Rasanya manis dan legit dengan isian yang beragam. Ada kolak pisang, ubi, labu, kolang kaling, biji salak (yang terbuat dari campuran ubi jalar dan tepung), pacar cina dan lainnya, dengan kuah santan kelapa. Semangkuk kolak sebagai pembatal puasa dapat mengembalikan energi yang terkuras setelah seharian berpuasa.

es-campur
foto: nyaribisnis.com

3. Es Campur

Sesuai dengan namanya, es campur memiliki isi yang beragam. Terdiri dari es batu yang dicampur buah-buahan, kelapa muda,jelly, sirup, susu kental manis serta bahan yang lainnya. Tampilannya yang menarik, dan begitu menggugah selera, rasanya yang manis dan segar banget lhoo! Minuman ini banyak di buru dan minuman favorit saat bulan puasa tiba.

Es-Dawet
foto: resepgulaku.com

4. Es Dawet

Minuman ini biasanya banyak ditemukan di pinggir jalan. Es dawet terbuat dari cendol hijau berbentuk memanjang, dicampur dengan santan, gula merah, dan nangka. Saat diaduk-aduk, rasanya legit dan segar. Selain segar, minuman ini juga cukup mengenyangkan, lho. Cocok untuk berbuka puasa kamu.

Kuliner Ketan Bintul
foto: pesona.travel

5. Ketan Bintul

Kentan Bintul merupakan menu makanan khas asli dari Serang, Banten. Setiap mulai memasuki bulan puasa, sajian khas Ketan Bintul ini jadi salah satu takjil favorit. Makanan berbahan baku nasi ketan yang ditumbuk dan disajikan dengan taburan serundeng dan kuah rendang daging sapi ini sangat lezat dan gurih rasanya. Konon, Ketan Bintul dahulu kala merupakan makanan kesukaan raja-raja Banten lhoo!

Beberapa rekomendasi diatas bisa jadi menu pilihan untuk buka puasa kamu, tinggal kamu pilih yang mana kamu suka, mungkin kamu lebih suka minuman-minuman manis dan segar seperti di atas atau menu favorit kamu sendiri untuk buka puasa nanti yaa!