Obati Rindu Batal Pulang Kampung

bersatu melawan corona, pariwisata indonesia

Balik kampung atau pulang ke kampung halaman akrab di kenal dengan istilah ‘mudik’ terasa begitu indah. Semua tak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Air mata jatuh, saat kata ‘mudik’ terucap. Kesedihan ini dampak pandemi covid-19 dan menjadi wabah global tak terkecuali di Indonesia. ‘Jangan bepergian, di rumah saja dan jangan mudik!’ mari bersatu melawan corona. 

Hari Raya Idul fitri menurut kalender pemerintah jatuh pada 23 Mei 2020, masyarakat Indonesia terpaksa merayakan seadanya. Merayakan lebaran kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Mohon bersabar, kita pasti bisa melewatinya bersama. ‘Jangan bepergian, di rumah saja dan jangan mudik!’ mari bersatu melawan corona. 

Pemerintah mengimbau masyarakat disiplin dan wajib melaksanakan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) termasuk social distancing. Putus mata rantai penyebaran Covid-19 dan jangan lagi korban terus bertambah. ‘Jangan bepergian, di rumah saja dan jangan mudik!’ mari bersatu melawan corona.

Terbayang, usai melakukan sholat Ied, acara santap makan bersama keluarga tercinta dengan hidangan khas pada hari tersebut. Bersilaturahmi sanak saudara, keluarga yang lebih muda memberikan hormat pada yang tua. Keluarga yang belum menikah dan berpenghasilan, sukses di kota pulang ke kampung halaman memberikan THR kepada anak-anak, keponakan, tetangga. Rasa bangganya lebih-lebih saat berbagi bahagia. Bagi-bagi THR saat ada tamu yang datang. Selain itu, ada sebagian pergi berziarah ke makam sanak keluarga. Tunda dulu, ‘Jangan bepergian, di rumah saja dan jangan mudik!’ mari bersatu melawan corona.

Baca Juga:  Bersatu Melawan Corona

Mengapa harus menunda mudik tahun ini? Berpotensi menyebarkan pandemi Covid-19, berkali lipat. Pemudik menjadi donor, pembawa virus dari daerah yang telah terpapar. Terutama bagi pemudik yang bertinggal di daerah zona merah, seperti DKI Jakarta dan Jawa Barat. Mari menahan diri untuk tidak melakukan perjalanan jauh bila tidak memiliki kepentingan mendesak. ‘Jangan bepergian, di rumah saja dan jangan mudik!’ mari bersatu melawan corona.

Buat menghibur ada ‘Cara Obati Rindu Batal Mudik ke Kampung Halaman’ simak channel Youtube ajakan jangan mudik, yuk, tonton!