Rumah Adat Balai Laki dari Kalimantan Selatan

Rumah Adat Banjar Balai Laki

Sobat pariwisata setia, selanjutnya masih di Provinsi Kalimantan Selatan(Kalsel). Yuk cari tahu, rumah adat yang ada di provinsi ini, ya! Salah satunya, rumah adat Balai Laki. Juga dikenal dengan sebutan Rumah Ba’anjung. Rumah adat ini berasal dari suku Banjar (disebut rumah Banjar) di Kalimantan Selatan.

Rumah adat Balai Laki dalam sejarah Banjar dikenal sebagai rumah hunian para Punggawa mantri dan para prajurit pengawal keamanan Kesultanan Banjar. Rumah adatnya tidak dibangun dengan sisi panjang di sejajar jalan, tetapi tegak lurus berhadapan dengan jalan.

Bentuk atap bangunan depan atau pada bagian rumah induk, menggunakan atap pelana. Dalam bahasa Indonesia, model atap pelana tersebut disebutnya sebagai atap gudang, sehingga sebutan tipe rumah berkonsep beratap pelana sering disebut sebagai rumah gudang.

Rumah Adat Balai Laki, Pariwisata Indonesia
Rumah Adat Balai Laki / Foto: kanalkalimantan.com

Atap pada sayap bangunan (Anjung) menggunakan atap sengkuap yang disebut atap Pisang Sasikat menyerupai rumah Bubungan Tinggi. Secara umum tampak Balai Laki mirip dengan Palimbangan, tetapi berukuran lebih kecil. Kendati demikian masih tetap sama, yaitu menggunakan atap pelana dan diberi Sungkul Atap bertatah.

Salah satu rumah adat Banjar, yang menjadi cagar budaya ini, silahkan sobat pariwisata berkunjung ke rumah Banjar Balai Laki. Pada tahun 2010, status rumah adat ini ditetapkan sebagai cagar budaya. Rumahnya tampak berdiri kokoh hingga hari ini. Terlihat jelas bahwa rumah adatnya dilakukan perawatan dan pemeliharaan secara baik.

Rumah Adat Balai Laki, Pariwisata Indonesia
Rumah Adat Balai Laki / Foto: disbudpar.banjarkab.go.id

Menurut juru rawatnya, Arbiah, warga setempat yang tinggal di dekat lokasi wisata disini. Ia menyebutkan, “Rumah Balai Laki ini, seperti rumah adat Banjar kebanyakan. Berbentuk rumah panggung. Bahan materialnya, 100 persen terbuat dari kayu yang di ukir dan dibuat bermotif,” katanya.

Rumah adat Kalimantan Selatan ini, masih banyak kita jumpai disini. Meskipun usianya mencapai ratusan tahun, sebagian rumah-rumah adat disini masih banyak berdiri kokoh, lhoo! Dan tentu, selalu dipelihara secara baik oleh pemiliknya.

Bagi sobat pariwisata yang ingin melihat rumah adat ini, bisa datang ke provinsi Kalsel. Silahkan merencanakan liburan dan agendakan untuk berkunjung ke rumah adat Kalsel. Kalau sudah di Kalsel, sayang banget untuk dilewatkan. Semoga artikel berjudul, ‘Rumah Adat Balai Laki dari Kalimantan Selatan’ bisa menambah literasimu.

Mengenal rumah adat nusantara liburan nasionalisme, dan ini bentuk rasa cintamu kepada tanah air. Selamat berlibur ke Kalimantan Selatan, ya!