Rumah Rakit Khas Bangka Belitung

Konsep rumah ini pada intinya merupakan rumah yang bisa mengapung di permukaan air.
Rumah Rakit Bangka Belitung

PariwisataIndonesia.id – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini, memang memiliki berbagai kekayaan alam dan kebudayaannya yang memukau. Namun di balik itu, salah satu warisan budaya dari provinsi ini ada yang menarik untuk dibahas yaitu tentang bangunan adatnya. Bangunan adat Bangka Belitung memiliki ciri khas unik yang berupa berbahan dasar kayu dan bekonsep panggung.

Kepulauan Bangka Belitung sendiri dikelilingi oleh laut. Oleh karenanya, banyak warga asli yang sejak dulu mendirikan rumah tradisionalnya di atas perairan. Fungsi utama bangunan adat khas Bangka Belitung ini, hampir sama dengan bangunan adat di daerah lain.

Rumah Rakit Bangka Belitung
Rumah Rakit Bangka Belitung, foto: youtube.com

Selain menjadi tempat tinggal atau hunian warga suku asli, bangunan rumah ini juga menjadi warisan budaya yang merupakan ikon perubahan dan kemajuan peradaban zaman. Setiap bagian rumah atau ruangan memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Begitu juga dengan makna atau filosofi desain dari rumah adat tersebut.

Salah satunya rumah adat yang unik di provinsi ini adalah rumah adat yang di sebut Rumah Rakit. Sama seperti Rumah Limas, Rumah Rakit ini juga bisa ditemui tidak hanya di provinsi ini, namun juga dapat ditemui di sekitar Sumatera Selatan yang berada di kawasan pinggiran sungai dan laut.

Konsep rumah ini intinya merupakan rumah yang bisa mengapung di permukaan air. Biasanya selain menjadi hunian tinggal, rumah adat jenis ini juga digunakan sebagai area untuk berbisnis ataupun menjadi pusat aktivitas ekonomi warga sekitar. Terdapat kelebihan dan kekurangan dalam konsep rumah adat yang satu ini, tetapi memang sampai sekarang Rumah Rakit ini masih banyak digunakan oleh warga asli yang tinggal di tepian sungai atau laut.